Tinjauan Perbandingan Kemajuan Pembiayaan Digital dalam Bisnis Pembiayaan Otomotif
Oleh: Alan Wang, CEO of PT SGMW Multifinance Indonesia & Kyle Zhu, IT General Manager of SAIC-GMAC, China.
Dalam lanskap pembiayaan otomotif yang berkembang pesat, transformasi digital telah menjadi pembeda utama bagi perusahaan yang ingin tetap unggul. Di seluruh dunia, semakin banyak Perusahaan Pembiayaan yang telah membuat kemajuan signifikan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan layanan mereka.
SAIC-GMAC adalah salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka di China, yang merupakan usaha patungan antara SAIC Group (grup otomotif terbesar di China) dan General Motor Financial (perusahaan pembiayaan otomotif terkemuka secara global), sementara SGMW Multifinance Indonesia adalah sister company dari SAIC-GMAC yang beroperasi di Indonesia untuk mendukung penjualan kendaraan Wuling dan MG (yang merupakan merek di bawah SAIC Group).
Pemaparan di bawah ini membahas kemajuan digital pada masing-masing perusahaan dan mengeksplorasi potensi pertukaran ide antara kedua perusahaan, serta bagaimana SGMW Multifinance Indonesia dapat memanfaatkan pengalaman serta praktik dari pasar lain untuk lebih menguntungkan seluruh keluarga dan pelanggan dalam negeri.
SAIC-GMAC: Mempercepat Digitalisasi untuk Pertumbuhan Komprehensif
Saat merayakan ulang tahunnya yang ke-20 di China, SAIC-GMAC telah mempercepat laju digitalisasinya di bawah arahan strategis. Perusahaan ini telah mengembangkan perangkat digital seperti aplikasi Dealer dan aplikasi pengguna/end user, guna memberdayakan dealer dalam meningkatkan akuisisi pelanggan, efisiensi proses, dan manajemen risiko.
Dengan mengesankan, SAIC-GMAC berhasil untuk mengefisiensikan proses mulai dari penginputan aplikasi hingga pencairan menjadi kurang dari 15 menit, dengan total 55% pelanggan menyelesaikan semua proses pada hari yang sama.
SAIC-GMAC juga berada di garis depan dalam melakukan eksplorasi terhadap peluang baru dengan mengintegrasikan sumber daya bisnis dan teknis guna mendukung ekosistem penjualan langsung secara daring untuk lima merek sekaligus.
Ini telah menjadikan layanan pembiayaan digital mereka sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis penjualan langsung OEM/ATPM. Mereka telah mengintegrasikan layanan keuangan dengan proses pembelian mobil di berbagai aplikasi pemilik mobil dan program mini WeChat (salah satu media sosial terpopuler di China) dan sedang memperluas titik sentuh digital mereka ke skenario ritel baru seperti T-Mall (dari Alibaba) dan TikTok.
Baca Juga: Studi Arthur D. Little tentang Pasar Otomotif Paparkan Inovasi hingga Kesenjangan Distribusi
SGMW Multifinance: Mengadopsi Inovasi Digital untuk Peningkatan Layanan
SGMW Multifinance telah diakui atas upayanya dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi digital, seperti yang dibuktikan oleh penghargaan yang diterimanya dari Warta Ekonomi pada 26 September 2024.
Perusahaan ini telah menunjukkan pemahaman yang tajam terhadap pergeseran pasar menuju solusi digital, khususnya di segmen kendaraan listrik (sebagai perusahaan pembiayaan captive khusus untuk Wuling dan MG di Indonesia), yang mengalami pertumbuhan signifikan berkat adanya dukungan pemerintah dan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap energi terbarukan.
Salah satu inisiatif yang dilakukan SGMW Multifinance adalah penerapan aplikasi mobile order yang menyederhanakan proses akuisisi pembiayaan. Langkah ini tidak hanya sejalan dengan kemajuan teknologi tetapi juga memenuhi harapan pelanggan yang berkembang untuk sistem yang lebih efisien dan fleksibel.
Selain itu, perusahaan telah memperkenalkan aplikasi survei mobile, yang memfasilitasi proses survei dan pengumpulan dokumen, menjadi lebih cepat dan mudah dan karenanya dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.
Baca Juga: Fox Logger Kembangkan Teknologi AI untuk Tingkatkan Efisiensi Otomotif
Peluang Belajar Bersama
Sementara kedua perusahaan telah membuat kemajuan signifikan dalam perjalanan digitalisasi bisnis mereka, ada area dimana SGMW Multifinance dapat memanfaatkan praktik dari sister company di China.
1.Pengembangan dan Pemanfaatan Alat Digital
SGMW Multifinance akan terus mengembangkan perangkat digital untuk meningkatkan kemampuannya dalam melakukan efisiensi proses akuisisi pelanggan. Misalnya, mengembangkan aplikasi pemesanan mobile yang dapat mempercepat proses persetujuan kredit, seperti pencapaian yang dilakukan oleh SAIC-GMAC yang menangani proses akuisisi mulai dari aplikasi hingga pencairan dalam waktu kurang dari 15 menit.
2.Ekosistem Penjualan Langsung Secara Daring
perusahaan pembiayaan captive dapat menjajaki kemitraan dengan EOM/ATPM brand nya untuk membangun ekosistem penjualan langsung online, mengintegrasikan layanan keuangan dengan proses pembelian mobil.
3.Dukungan Keputusan Berbasis Data
Dengan membangun database perusahaan, SGMW Multifinance dapat memanfaatkan data bisnis baik ritel dan grosir untuk analisis mendalam guna mengeksplorasi lebih banyak peluang di pasar dan di area yang risikonya dapat terkendali.
4.Pekerjaan Jarak Jauh dan Otomatisasi
SGMW Multifinance dapat mengadopsi fungsi digital seperti pekerjaan hybrid jarak jauh, pemanfaatan kecerdasan buatan, dan otomatisasi proses (Robotic Process Automation) untuk meningkatkan kolaborasi antara fleksibilitas dan ketahanan
5.Filosofi Layanan Berorientasi Pelanggan
SGMW Multifinance dapat lebih lanjut mengintegrasikan filosofi berorientasi pelanggan ke dalam layanan dan pengembangan produknya untuk lebih memenuhi kebutuhan pelanggan, yang juga merupakan aspek penting dari perusahaan pembiayaan otomotif terkemuka lainnya di pasar.
6.Adaptif dan Berkesinambungan
SGMW Multifinance dapat mengadopsi metode adaptif dalam menguji ide-ide baru, belajar dari kegagalan, dan terus memperbaiki produk dan layanannya, untuk terus memiliki Solusi keuangan yang lebih baik dari yang terbaik.
7.Memanfaatkan Big Data dan Kecerdasan dalam Pengendalian Risiko
Membentuk rantai bisnis yang komprehensif melalui sistem big data, mencapai dataisasi bisnis, asetisasi data, dan valorisasi aset untuk memberikan layanan yang lebih efisien, aman, dan berkualitas tinggi.
Seiring industri otomotif terus berkembang, kemampuan untuk beradaptasi dan berinovasi akan menjadi krusial. Praktik perusahaan pembiayaan otomotif di seluruh dunia, termasuk SGMW Multifinance dan SAIC-GMAC, telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap inovasi digital di sektor pembiayaan otomotif.
Semoga semua evolusi terkait upaya pembiayaan digital akhirnya akan meningkatkan pengalaman pembelian kredit dan menguntungkan pertumbuhan pasar dalam negeri.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement