Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Edukasi Nasabah, Danamon Ajak untuk #JanganKasihCelah Ancaman Quishing

Edukasi Nasabah, Danamon Ajak untuk #JanganKasihCelah Ancaman Quishing Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dengan berbagai kemudahan yang ada di era digital, kewaspadaan terhadap penipuan digital juga harus ditingkatkan. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengajak nasabah menghadapi ancaman berbagai serangan siber yang semakin canggih khususnya penipuan berbasis rekayasa sosial (social engineering) yang dikenal sebagai "Quishing" atau QR Code Phishing lewat kampanye #JanganKasihCelah

Quishing merupakan evolusi terbaru dalam serangan phishing, yang menggabungkan teknologi kode QR yang familiar dengan taktik penipuan untuk menipu korban lengah. Munculnya Quishing bertepatan dengan meningkatnya adopsi kode QR setelah pandemi COVID-19, ketika dunia mencari solusi tanpa kontak untuk berbagai transaksi finansial. Meskipun kode QR menawarkan kenyamanan dalam konteks yang sah seperti menu restoran, pendaftaran membership, dan pembayaran QRIS, keberadaannya yang luas telah menciptakan peluang baru bagi para penipu.

"Kode QR memang merupakan solusi finansial yang inovatif, tetapi beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan kode QR palsu untuk melakukan tindak kejahatan, seperti mengarahkan korban ke situs web berbahaya atau menipu korban untuk mengungkapkan informasi pribadi, termasuk detail perbankan. Mengingat dampak yang ditimbulkan cukup serius, maka kami mengimbau seluruh nasabah untuk terus waspada dan mengadopsi praktik keamanan yang kuat untuk melindungi diri dari ancaman Quishing. Danamon lewat kampanye #JanganKasihCelah membekali nasabah dengan informasi dan edukasi untuk mengenali dan menghadapi metode penipuan yang semakin canggih dan beragam," jelas Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Baca Juga: Dukung Eksplorasi Sains Anak Lewat Danamon x Gramedia Science Day 2024

Serangan Quishing biasanya dimulai ketika korban memindai kode QR palsu, dengan meyakini bahwa kode tersebut sah dan resmi. Kode tersebut kemudian mengarahkan korban ke situs web palsu yang meniru entitas terpercaya. Di situs palsu ini, pengguna sering diminta untuk memasukkan informasi pribadi, dengan dalih mengonfirmasi detail untuk program atau layanan tertentu. Dalam beberapa kasus yang lebih serius, korban mungkin bahkan diarahkan untuk melakukan pembayaran ke akun tidak resmi, yang mengakibatkan kerugian finansial langsung.

Danamon memberikan beberapa panduan penting untuk membantu nasabah melindungi diri dan data pribadinya dari serangan Quishing. Pertama dan terpenting, saat melakukan pembayaran, nasabah diimbau untuk selalu menggunakan fitur pindai dari aplikasi terpercaya seperti fitur QRIS di D-Bank PRO, bukan menggunakan kamera smartphone secara langsung. Selain itu, sangat penting untuk selalu memverifikasi identitas penerima sebelum mengonfirmasi transaksi apa pun.

Nasabah juga diingatkan untuk selalu memeriksa keaslian situs web yang dituju oleh kode QR. Pastikan bahwa situs tersebut adalah situs resmi, seperti www.danamon.co.id untuk hal-hal terkait layanan perbankan Danamon. Selain itu, nasabah harus selalu berhati-hati terhadap permintaan untuk mengisi informasi pribadi di formulir atau situs web yang tidak dikenal.

Memperbarui keamanan perangkat lunak secara rutin pada perangkat seluler dan komputer juga merupakan langkah penting. Jika ada kecurigaan telah memindai kode QR palsu, nasabah diimbau untuk segera keluar dari situs web tersebut dan tidak memasukkan data pribadi apa pun. Jika pembayaran QRIS menunjukkan nama penerima yang salah, transaksi harus segera dibatalkan.

Baca Juga: Rekomendasi Investasi Danamon Pasca Turunnya Suku Bunga Acuan

Terakhir, jika ada aktivitas mencurigakan dalam riwayat transaksi, nasabah diharapkan untuk segera melaporkannya ke Hello Danamon di 1-500-090. Untuk lebih melindungi nasabah, Danamon menekankan pentingnya memastikan informasi kode QR yang diterima berasal dari pihak bertanggung jawab dan melalui media yang resmi.

Seluruh komunikasi resmi Danamon hanya dilakukan melalui media komunikasi resmi berikut:

  • Call Center Hello Danamon di 1-500-090.
  • WhatsApp: Danamon Chat 0858-1-1-500-090 (akun terverifikasi dengan centang biru)
  • Facebook: Bank Danamon (akun terverifikasi dengan centang biru)
  • X: @danamon (akun terverifikasi dengan centang biru) dan @hellodanamon
  • Instagram: @mydanamon (akun terverifikasi dengan centang biru)
  • YouTube: Bank Danamon
  • LinkedIn: PT Bank Danamon Indonesia Tbk
  • TikTok: @bankdanamon

Untuk informasi lebih lanjut tentang kampanye #JanganKasihCelah dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara melindungi diri dari penipuan digital, kunjungi bdi.co.id/jangankasihcelah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: