Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

SMEXPO 2024: Pertamina Ungkap Kunci Mendongkrak Pasar UMKM

SMEXPO 2024: Pertamina Ungkap Kunci Mendongkrak Pasar UMKM Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

Melalaui gelaran Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024, PT Pertamina (Persero) mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaanya agar mengoptimalkan pemasaran atau marketing digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

SMEXPO sendiri merupakan ajang pameran hybrid yang digelar Pertamina untuk UMKM binaan untuk mengembangkan pasarnya, baik ke masyarakat secara langsung maupun melalui aplikasi digital marketplace SMEXPO.

Baca Juga: Berdayakan Mitra Binaan, BRI Kembali Gelar Bazaar UMKM BRILiaN

Pada pameran yang berlangsung di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Pertamina membawa 43 UMKM dari seluruh Indonesia, untuk memasarkan ratusan produk lokal berkualitas, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan. 

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan, acara SMEXPO tak hanya menghadirkan produk UMKM, namun juga menjadi wadah edukasi dan diskusi bagi para pelaku UMKM. 

“SMEXPO 2024 berlangsung selama enam hari. Selain pameran, Pertamina juga mengadakan berbagai kegiatan talkshow dari pelaku usaha dari berbagai bidang, sehingga bisa saling berbagi pengalaman," jelasnya. 

Salah satunya, diskusi materi marketing digital yang dijelaskan oleh Junior Asisten CSR & SMEPP Management PT Kilang Pertamina Internasional, Yoga Pratama.

Yoga menuturkan bahwa marketing digital menjadi salah satu skill yang perlu untuk dimiliki oleh para pelaku UMKM. Salah satu inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya adalah lewat penggunaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Baca Juga: Pertamina Geothermal (PGEO) Segera Adakan Public Expose, Investor Bersiap!

“Konsumen Indonesia sudah terbiasa melakukan pembelian produk dengan sistem digital, sehingga mitra binaan Pertamina perlu memperkuat kemampuan dalam pemasaran digital,” ujar Yoga di acara talkshow Pertamina SMEXPO, Rabu (23/10/2024).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Dwi Kurniawan
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: