Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

BCA Life Gencarkan Literasi Keuangan di Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2024

BCA Life Gencarkan Literasi Keuangan di Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2024 Direktur Kepatuhan BCA LifeSukawati Lubis didampingi Head of Marketing Communications BCA Life Lely Pekih menyerahkan secara simbolis donasi penanggulangan stunting kepada Lurah Petukangan Selatan Thia Mutiara Hadyanti disela kegiatan literasi keuangan dan asuransi bagi masyarakat umum di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. | Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah dua tahun berturut BCA Life menggelar seminar literasi keuangan dan asuransi kepada ribuan pelajar dan mahasiswa di Indonesia, tahun ini menjadi momentum untuk memperluas jangkauan literasi keuangan dan asuransi dengan menargetkan masyarakat umum secara langsung, khususnya segmen prioritas perempuan/Ibu rumahtangga dengan tema “Badan Sehat, Keuangan Sehat, Masa Depan Terjaga".

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 ini digelar di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan(27/10) ini diramaikan dengan rangkaian acara mulai dari olahraga bersama, mini Medical Check Up (MCU), inklusi program asuransi jiwa hingga talkshow yang membahas manajemen finansial keluarga dan persiapan hari tua dengan menghadirkan praktisi industri keuangan.

Berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2023 yang dirilis oleh OJK, indeks inklusi keuangan Indonesia tercatat 85,10% pada tahun 2023. Angka ini menunjukkan peningkatan yang stabil dari tahun-tahun sebelumnya, didorong oleh program-program inklusi keuangan seperti digitalisasi layanan di berbagai sektor. Meski begitu masih terdapat beberapa tantangan salah satunya pemerataan tingkat pemahaman produk dan layanan keuangan khususnya pada segmen masyarakat prioritas seperti pelajar, karyawan, profesional, petani & nelayan, penyandang disabilitas, pelaku UMKM, komunitas, perempuan/Ibu Rumah Tangga (IRT), dan Masyarakat Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T).

Pemerintah menargetkan kenaikan indeks ini menjadi 90% pada akhir 2024, sejalan dengan berbagai inisiatif yang terus dioptimalkan.

Sukawati Lubis, Direktur Kepatuhan & Chief Compliance Officer (CCO) BCA Life, mengatakan, sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), BCA Life memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan dan memperluas program edukasi yang komprehensif mengenai

pentingnya literasi & inklusi keuangan dan asuransi. “Kami berkomitmen untuk memberikan pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat, khususnya para perempuan dan ibu rumah tangga agar semakin memahami pentingnya perencanaan keuangan dan melindungi keluarga secara lebih baik. Dengan me-refresh pemahaman untuk pengelolaan keuangan dan manfaat perlindungan asuransi. Kami berharap mereka dapat mengambil langkah proaktif dalam menjaga & proteksi keuangan keluarga di masa depan. Literasi & inklusi keuangan bukan hanya tentang angka, tetapi juga tentang memberdayakan individu untuk membuat keputusan yang cerdas dan berkelanjutan untuk kesejahteraan mereka,” ujar Sukawati Lubis.

Lanjutnya, BCA Life melihat bahwa peran asuransi dalam perencanaan keuangan jangka panjang semakin penting, terutama dalam menghadapi berbagai risiko kehidupan yang tak terduga. Melalui kegiatan ini, BCA Life melakukan kegiatan inklusi & memberikan literasi langsung kepada masyarakat mengenai pentingnya memiliki perlindungan asuransi serta bagaimana produk asuransi dapat membantu memitigasi risiko keuangan. Kegiatan literasi ini melibatkan berbagai segmen masyarakat, termasuk ibu rumah tangga, pelaku usaha kecil, dan generasi muda.

Dengan pendekatan edukasi yang interaktif, BCA Life berharap dapat mendorong berkembangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik serta penggunaan produk keuangan yang tepat, termasuk asuransi jiwa.

Menurut Sukawati Lubis, sepanjang 2024, BCA Life telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka mendukung Pemerintah mengakselerasi tingkat inklusi & literasi keuangan yang ditargetkan mencapai angka 90 % pada akhir tahun 2024, diantaranya; event promosi perusahaan baik dalam bentuk kegiatan olah raga bersama, pameran, pemeriksaan kesehatan gratis dan seminar baik offline maupun online, serta melalui konten-konten di media sosial resmi perusahaan seperti video di YouTube, Instagram, hingga artikel website.

“BCA Life berkomitmen untuk mendukung penuh program-program strategis yang dicanangkan oleh OJK dalam misi untuk mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional,” pungkas nya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: