Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berikan Overseas Financing, LPEI Dukung Ekspansi Richeese Factory di Malaysia

Berikan Overseas Financing, LPEI Dukung Ekspansi Richeese Factory di Malaysia Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank memberikan overseas financing kepada Richeese Factory Malaysia Sdn. Bhd. dalam bentuk fasilitas Term Loan – Corporate Finance.

Pembiayaan ini bertujuan mendukung pengembangan jaringan outlet Richeese Factory di Malaysia, sejalan dengan peran LPEI sebagai agen pemerintah dalam memperluas kehadiran Indonesia melalui ekspor jasa (commercial presence) dalam program gastrodiplomasi.

Richeese Factory Malaysia merupakan bagian dari Nabati Group, sebuah grup usaha asal Indonesia yang bergerak di sektor makanan cepat saji. Kerja sama LPEI dan Nabati Group telah terjalin sejak Desember 2023. Tingginya tingkat konsumsi ayam per kapita di Malaysia, yaitu 50,5 kilogram per kapita dibandingkan dengan Indonesia yang hanya 12,7 kilogram, menciptakan peluang besar bagi Richeese Factory untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas.

Plt. Direktur Pelaksana Bisnis LPEI, Anton Herdianto, menegaskan dukungan ini menunjukkan komitmen LPEI terhadap perusahaan-perusahaan Indonesia yang berinvestasi di luar negeri.

“Kami melihat Nabati Group melalui Richeese Factory Malaysia sebagai contoh inspiratif kebanggaan Indonesia di pasar global. Fasilitas ini diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan bisnis dan membuka lebih banyak peluang internasional,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat, 8 November 2024.

Baca Juga: Bank Mega Syariah Salurkan Pembiayaan Rp221 Miliar di ISEF 2024

Direktur Richeese Factory Malaysia, Chong Kok Yeow, mengungkapkan kebanggaannya dalam membawa brand Indonesia ke luar negeri. Dengan dukungan Indonesia Eximbank, ia berharap Richeese Factory semakin berkembang dan memperbesar nama Indonesia di pasar internasional. “Semoga kemitraan ini berlangsung secara berkelanjutan dan menciptakan solusi yang saling menguntungkan,” tambahnya.

Pada akhir Desember 2023, Richeese Factory Malaysia telah mengoperasikan beberapa gerai, dan hingga Oktober 2024, jumlah outletnya mencapai 55 yang tersebar di wilayah Malaysia Barat seperti Kuala Lumpur, Malaka, Johor, Penang, dan Selangor.

Ekspansi ini juga sejalan dengan program “Indonesia Spice up the World” yang bertujuan meningkatkan eksposur produk makanan asal Indonesia di kancah internasional. Program ini diharapkan menjadi jembatan bagi produk-produk Indonesia, termasuk Richeese Factory, untuk dikenal dan diterima secara luas di berbagai negara.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: