Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dapat Omzet Melimpah! Ini Tips Sukses Jualan di Shopee ala Pakar Marketplace

Dapat Omzet Melimpah! Ini Tips Sukses Jualan di Shopee ala Pakar Marketplace Kredit Foto: Shopee
Warta Ekonomi, Jakarta -

JNE Gollaborasi 2024 kembali mengadakan sesi pelatihan dan diskusi untuk pelaku UMKM, kali ini di Bali sebagai kota terakhir dalam rangkaian kolaborasi dengan Shopee, Kamis (7/11). Acara ini menghadirkan Joko Kurniawan, pemilik toko Kampung Souvenir, yang membagikan berbagai tips kepada sekitar 100 UMKM lokal terkait cara memaksimalkan penjualan di marketplace Shopee.

Dalam sharing session tersebut, Joko menjelaskan pentingnya pemahaman terhadap perilaku pelanggan sebelum menyusun strategi penjualan.
“Yang pertama kita analisis dulu behavior dari pelanggan terhadap produk kita seperti apa, kenali mereka, apakah mereka menjadi pelanggan setia karena promo atau lebih suka melihat ulasan produk secara visual,” ujar Joko.

Baca Juga: Mudah! Ini Tutorial Cara Menambahkan ShopeePay sebagai Metode Bayar di PlayStation Store

Ia juga menekankan pentingnya optimalisasi visibilitas toko untuk menarik perhatian calon pembeli. “Setelah mengenal behavior pembeli, yang penting adalah mengatur strategi untuk memperluas eksposur toko dan produk melalui konten digital dan fitur iklan,” tambahnya.

Selain itu, Joko mendorong pemanfaatan fitur Shopee Live dan Shopee Video untuk meningkatkan visibilitas. “Mengulas produk melalui live streaming dan video dampaknya signifikan. Orang sekarang lebih suka melihat secara visual. Bayangin aja, satu malam kita bisa dapetin peningkatan transaksi cuma dari live streaming di Shopee Live,” jelasnya.

Baca Juga: Kolab Bareng PlayStation, ShopeePay Hadirkan Kemudahan Pembayaran bagi Gamer

Sebagai pakar marketplace, Joko juga membagikan enam tips optimalisasi iklan di Shopee yakni, produk dengan penilaian bagus, volume pencarian baik, mulai dari bid terendah, gunakan 5-10 kata kunci, batasi modal dan tingkatkan saat campaign, serta evaluasi iklan berkala.

“Tidak ada yang instan dalam bisnis online. Semua butuh proses dan adaptasi terhadap teknologi, jadi pelajari dan terapkan fitur serta program di Shopee sebagai investasi jangka panjang yang worth it,” tutup Joko.

JNE Gollaborasi 2024 sebelumnya telah dilaksanakan di Jakarta dan Bandung, memberikan wawasan dan motivasi bagi UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka di ranah digital.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: