Sabet Indonesia CMO Awards 2024, 2O Direktur Marketing ini Sukses jadi Lokomotif Perusahaan
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan segala kesempatan maupun tantangan ekonomi nasional hingga ekonomi global tidak terlepas dari peran penting para pemimpin perusahaan di berbagai sektor industri untuk tetap beradaptasi dan melakukan inovasi untuk menjaga keberlangsungan kegiatan bisnis perusahaannya.
Kontribusi para pemimpin perusahaan ini didukung dengan hadirnya chief marketing officer (CMO) maupun Direktur Pemasaran guna membersamai c-level lainnya dalam menentukan strategi perusahaan. CMO terbaik setidaknya fokus pada hal-hal mendasar dalam mengambil langkah untuk persiapan menghadapi tantangan eksternal pasar terlebih di jangka panjang.
Disamping itu, seorang CMO/Direktur Pemasaran harus dapat berperan di setiap elemen dengan mengaplikasikan mindset tertentu demi mencapai tanggung jawab yang ada di masing-masing elemen. Empat elemen peran itu diantaranya Growth Driver, Innovation Catalyst, Brand Storyteller, and Capability Builder.
Baca Juga: Warta Ekonomi Kembali Menggelar Indonesia Best Public Company Awards 2024 ke-10
Melihat pentingnya peran CMO dalam sebuah perusahaan, Warta Ekonomi kembali menggelar penghargaan Indonesia Best CMO Awards 2024 dengan tema “Creating the Art of Marketing Excellence through Creative Campaign.” Tema tersebut dipilih dengan mengedepankan penciptaan pemasaran melalui kreativitas kampanye yang dilakukan kepemimpinan CMO/Direktur Pemasaran guna mengelola inovasi citra dari perusahaan atau merek barang jasa untuk mengarahkan hingga memperkuat loyalitas pelanggan.
Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR periode 2019 - 2024 mengatakan, banyak orang sepakat bahwa marketing adalah seni dalam pemasaran. Namun bagi Fadel, marketing adalah campuran atau blending dari seni, sains dan pengetahuan tentang seseorang.
"Kalau saya pribadi marketing ini adalah blending dari art, science dan mengerti tentang orang. Karena kalau kita mau jual sesuatu kepada orang tertentu kita harus tahu orang ini senangnya mengenai apa, jangan kita bicara langsung ujug-ujug jangan, kita harus memahami orang itu baru kita masuk kepada apa yang ingin kita sampaikan," ujarnya saat memberikan sambutannya pada acara tersebut di Jakarta, Kamis (28/11/2024) malam.
Selain harus memahami apa yang dibutuhkan dan disukai calon pelanggan, pengalamannya mengatakan bahwa seorang marketing juga harus memiliki intuisi dan kreativitas tinggi.
"Jadi kita menyampaikan sesuatu yang kemudian orang, oh iya ya ini bagus, oh iya ya ini menarik, maka kita butuhkan kreativitas, intuisi dan jangan kosong harus mampu menganalisa bagaimana kebutuhannya apa yang mesti dibuat," paparnya.
Oleh sebab itu, Ia mengapresiasi kepada para pemenang penghargaan Indonesia Best CMO Awards 2024. Menurutnya, mereka telah menjadi lokomotif yang menarik gerbong di perusahaannya masing - masing.
"Marketing itu sangat penting sekali adalah sesuatu yang harus menjadi bawaan kita dalam kehidupan. Saya berpendapat marketing itu lokomotif daripada sebuah gerbong. Dia ini yang menarik industrinya, dia yang menarik perusahaannya," katanya.
Baca Juga: Lewat Pelatihan Marketing, Telkom Dukung Tumbuh Kembang UMKM
Sejalan dengan yang diutarakan Fadel, hasil survey pada eksekutif pemasaran senior didapatkan bahwa hampir semua responden (95%) mengatakan pendapatan adalah ukuran utama pertumbuhan dalam organisasi, sehingga dapat dikatakan bahwa CMO ini sebagai “growth driver”. CMO ini juga sebagai chief storyteller yang didefinisikan mempromosikan relevansi dan konsistensi merek, dapat dikatakan bahwa CMO ini melakukan kegiatan pembentukan merek dan pelaksanaan kampanye.
Adapun daftar penerima penghargaan Indonesia Best CMO 2024 yang hadir diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Ronald Chandra Lesmana/ PT Link Net Tbk: Best Chief Marketing Officer 2024 in Improving Business Model Innovation and Market Diversification
2. Eri Palgunadi/ PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE): Best Chief Marketing Officer 2024 in Implementing Integrated and Innovative Services with Distribution Strategy
3. Yanto Tjia/ PT Mandiri Utama Finance: Best Chief Marketing Officer 2024 in Enhancing Financing Disbursement by Providing Comprehensive Financing Solutions
4. Wibowo/ PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance): Best Chief Marketing Officer 2024 in Maintaining Customer Loyalty through Continuous Innovation
5. Kamelia Faisal/ PT Bio Farma (Persero): Best Chief Marketing Officer 2024 in Engaging Global Health Ecosystem through Partnership Expansion
6. Ery Widiatmoko/ PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance): Best Chief Marketing Officer 2024 in Optimizing Market Potential to Increase Premium Revenue Growth
7. Yusuf Saadudin/ Bank BJB: Best Chief Marketing Officer 2024 in Improving Financial Literacy and Inclusion through Innovative Programs
8. Henky Oktavianus/ Bank DKI: Best Chief Marketing Officer 2024 in Enhancing Banking Services Convenience and Accessibility
9. Ruli Himawan Nugroho/ PT Bank Digital BCA (BCA Digital): Best Chief Marketing Officer 2024 in Delivering Digital Initiatives with Easy Accessibility
10. Imelda Alini Pohan/ Perum Perumnas: Best Chief Marketing Officer 2024 in Leading Sales Innovation with Creative Collaboration Programs
11. Fadly Hasan/ PT Transportasi Jakarta (Transjakarta): Best Chief Marketing Officer 2024 in Empowering Local Communities through Public Transport Solutions
12. Vivin Arbianti Gautama/ PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia: Best Chief Marketing Officer 2024 in Strengthening Market Position through Continuous Innovation
13. Swandajani Gunadi/ PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance): Best Chief Marketing Officer 2024 in Creating Loyalty and Apreciation Programs to Strengthen Customer Experience
14. Herman Lesmana/ PT Buana Finance Tbk: Best Chief Marketing Officer 2024 in Improving Long-Term Growth Strategy in Financial Services
15. Hermawan Prajudi/ PT Ajinomoto Indonesia: Best Chief Marketing Officer 2024 in Improving Business Strategic through Quality Assurance and Cultural Adaptation
16. Kusdi Widodo/ PT Pertamina Gas (Pertagas): Best Chief Marketing Officer 2024 in Improving Energy Distribution Excellence through Program Efficiency and Sales Innovation
17. Amir Widjaya/ PT Bank OCBC NISP Tbk: Best Chief Marketing Officer 2024 in Managing Creative Partnerships through Empower Communities
18. Rini Hestrinalia/ PT Midi Utama Indonesia Tbk: Best Chief Marketing Officer 2024 in Developing Sustainable Customer Relationships through Value-Based
19. Heliantopo/ PT Sarana Multigriya Finansial (Persero): Best Chief Marketing Officer 2024 in Providing Residential Innovations and Solutions with Credible Programs
20. Anton Sukarna/ PT Bank Syariah Indonesia Tbk: Best Chief Marketing Officer 2024 in Encouraging Customer Based Growth through Strategic Plan Implementation
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman
Tag Terkait:
Advertisement