- Home
- /
- EkBis
- /
- Infrastruktur
Gunakan Teknologi Canggih, Ini Strategi Jasa Marga (JSMR) Amankan Libur Nataru 2024/2025
PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan lalu lintas jalan tol selama periode liburan dari Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025).
Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo mengatakan bahwa salah satu wujud penggunaan teknologi tersebut adalah Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC). JMTC ini berperan penting sebagai pusat kendali operasional, mengintegrasikan berbagai teknologi seperti sistem komunikasi radio hingga CCTV.
Baca Juga: Libur Natal 2024, Jasa Marga Catat 1,1 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek
“Data akurat yang disuplai oleh JMTC menjadi dasar dalam pengambilan keputusan strategis untuk penanganan situasi lalu lintas, termasuk rekayasa lalu lintas,” ujarnya, dilansir Senin (30/12).
JMTC dilengkapi dengan teknologi pemantauan lalu lintas berbasis CCTV yang dapat mengidentifikasi kondisi jalan secara real-time. Teknologi ini memungkinkan deteksi dini gangguan lalu lintas, seperti kendaraan mogok atau kecelakaan, sehingga langkah penanganan dapat dilakukan secara cepat. Selain itu, informasi yang didapat langsung diinformasikan kepada petugas dilapangan untuk ditindaklanjuti dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian apabila diperlukan skenario rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan one way berdasarkan data lalu lintas terkini.
Jasa Marga juga memperkenalkan pengembangan aplikasi Travoy sebagai inovasi layanan pengguna jalan tol. Aplikasi ini memberikan informasi lalu lintas terkini, CCTV real time, estimasi tarif tol, dan lokasi fasilitas pendukung seperti rest area dan SPBU. Pengguna jalan juga dapat mengakses layanan darurat melalui fitur dalam aplikasi tersebut.
Adapun Selama libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025, teknologi JMTC juga digunakan untuk mendukung pengoperasian fungsional segmen Klaten-Prambanan di Tol Solo-Yogyakarta-DIY. Hingga 26 Desember 2024, sebanyak 137.797 kendaraan telah melintasi GT Prambanan. Dengan pemantauan berbasis teknologi, lalu lintas di segmen ini dapat dikelola secara optimal, termasuk pengaturan akses keluar tol fungsional ketika terjadi lonjakan kendaraan.
“Ini menjadi lesson learned yang berharga untuk terus menyempurnakan layanan berbasis teknologi dan hal-hal yang dapat kita evaluasi untuk mengoptimalkan pelayanan operasional di tahun depan,” ujar Menteri Dody.
Baca Juga: Jasa Marga Catat 1,3 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Libur Natal 2024
Jasa Marga berkomitmen memberikan pelayanan yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan tol selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Ham Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait:
Advertisement