SIG Dukung Inisiatif Kementerian BUMN dalam Pemanfaatan AI untuk Wujudkan Asta Cita
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menyatakan dukungannya terhadap inisiatif Kementerian BUMN untuk memanfaatkan teknologi komunikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam mewujudkan Asta Cita Presiden. Dukungan tersebut diwujudkan dengan partisipasi SIG dalam workshop bertajuk “Navigating the Future of Social Media with AI Technology” yang digelar di Kota Padang pada 3-4 Januari 2025.
Workshop ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan melibatkan lebih dari 100 peserta dari berbagai perusahaan pelat merah, termasuk PLN, Pertamina, KAI, BTN, Danareksa, SIG, dan Pupuk Indonesia. Acara tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi komunikasi karyawan BUMN dengan memanfaatkan teknologi digital dan AI.
"Teknologi AI telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan di era modern. Khususnya di bidang komunikasi, AI dapat menjadi alat efektif untuk menyampaikan pesan positif perusahaan ke publik dan pemangku kepentingan, sekaligus mengoptimalkan kegiatan pemasaran melalui saluran digital," ujar Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, Jakarta, Jumat (10/1/2025).
Vita juga mengapresiasi Kementerian BUMN atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Semoga kegiatan workshop ini membawa dampak besar bagi peningkatan kemampuan komunikasi karyawan BUMN di media sosial,” tambahnya.
Baca Juga: Produk SIG Ini Buat Pengembang Properti Nasional Kian Optimis Dukung Program 3 Juta Rumah
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mengikuti perkembangan teknologi untuk mendukung komunikasi strategis. "Hari ini kita dimudahkan dengan hadirnya AI yang mempercepat kita dalam bekerja. Untuk itu, mulai tahun ini, kita akan banyak belajar teknologi untuk mendukung glorifikasi program pemerintah, Asta Cita Presiden," katanya.
Arya juga menekankan pentingnya membangun narasi komunikasi yang efektif untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. “Sebagai komunikator untuk memajukan BUMN, teman-teman harus memahami program mana yang butuh promosi, mana yang perlu inovasi. Kita harus mencari sudut pandang yang tepat untuk membangun komunikasi dengan tujuan meningkatkan ekonomi Indonesia,” jelasnya.
Baca Juga: SIG Jalin Kerja Sama dengan Jamdatun untuk Perkuat Tata Kelola Bisnis
Workshop tersebut menghadirkan narasumber dari berbagai bidang. Danang Prakoso dari Mediatics Digital Indonesia berbagi wawasan tentang bagaimana AI mengubah cara content creator dan merek berinteraksi dengan audiens, sedangkan Siti Nur Aisyah dan Vira Enjella dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) memaparkan strategi peningkatan engagement dan manajemen SDM melalui BRI Creator Hub.
Selama dua hari, peserta tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga berkesempatan mengimplementasikan materi melalui tugas kelompok dan individu. Peserta juga diajak mengunjungi aset pembangkit PLN Indonesia Power, UBP Teluk Sirih, untuk melihat inovasi seperti co-firing untuk transisi energi hijau dan pemanfaatan FABA untuk ekonomi kerakyatan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement