Sasar Gen Z, Prudential dan Bank UOB Luncurkan PRUIncome Protection

Prudential Indonesia dan UOB Indonesi meluncurkan PRUIncome Protection, produk asuransi jiwa tradisional dengan premi terjangkau dan proses yang mudah. Poduk ini dirancang berdasarkan riset yang lakukan kepada para Nasabah generasi milenial dan Gen Z. Berdasarkan riset, generasi ini ternyata sudah mulai memprioritaskan hal terbaik untuk keluarga, namun masih mengharapkan yang terbaik untuk diri sendiri atau “what’s best for me” dalam hal mencari manfaat perlindungan dan produk asuransi sebagai investasi terhadap diri sendiri.
Saat ini, banyak anak muda Indonesia yang masih mengalami berbagai tantangan finansial, termasuk mereka yang menjadi tulang punggung keluarga (breadwinner) atau menanggung satu dan bahkan dua generasi (generasi sandwich). Riset Asian Development Bank (ADB) yang dirilis pada Mei 2024 menyebutkan, sebanyak 50% lansia di Indonesia masih bergantung pada anggota keluarganya, terutama anaknya, untuk kelangsungan hidupnya. Data yang serupa juga ditemukan pada laporan Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, di mana 44,6% masyarakat Indonesia memiliki ketergantungan terhadap usia produktif. Selain itu, berdasarkan consumer research yang Prudential Indonesia lakukan tahun 2023, dilaporkan bahwa sekitar 70% konsumen Indonesia dengan usia produktif (25-45 tahun) tidak memiliki atau belum mempersiapkan proteksi sebagai safety net untuk pendapatan mereka.
Lebih jauh, jumlah kelas menengah di Indonesia menurun menjadi 47,85 juta jiwa pada tahun 2024 (turun 9,48% dibandingkan 2019). Dari total kelas menengah ini, hampir setengahnya merupakan milenial dan gen Z, masing-masing sebesar 24,6% dan 24,12%. Hal ini membuat kondisi ketahanan finansial anak muda di Indonesia yang semakin sulit, termasuk mereka yang merupakan generasi sandwich. Kondisi ini memberikan risiko yang cukup tinggi, dimana apabila sang tulang punggung keluarga jatuh sakit atau meninggal dunia, maka akan sangat berpengaruh pada kondisi finansial dan kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.
Dengan fakta ini, generasi muda sekarang sudah mengerti akan pentingnya mempersiapkan dana darurat / emergency fund sedini mungkin, dimana 82% dari mereka sudah melakukan hal tersebut, dan 65% dari mereka sudah mengalokasikan dana bulanan untuk simpanan hari tua.
Prudential Indonesia dan UOB Indonesi menjawab tantangan ini dengan meluncurkan PRUIncome Protection sebagai solusi untuk memberikan perlindungan optimal bagi anak muda, khususnya mereka yang menjadi tulang punggung (breadwinner) keluarga. Dengan premi per bulan yang relatif lebih terjangkau, PRUIncome Protection menawarkan berbagai manfaat.
Salah satunya adalah manfaat meninggal dunia, yang akan dibayarkan setiap bulan selama 24 bulan (2 tahun) sebagai pengganti pendapatan rutin bagi keluarga yang ditinggalkan. Dengan pilihan premi yang variatif mulai dari Rp300rb/bulan hingga Rp2 juta/bulan, produk ini menawarkan pilihan penggantian pendapatan yang fleksibel hingga Rp42 juta/bulan selama 2 tahun, untuk membantu memenuhi kebutuhan utama keluarga yang ditinggalkan. Apabila Nasabah masih hidup hingga akhir masa pertanggungan, maka seluruh premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada Nasabah.
“Prudential Indonesia selalu berusaha untuk memahami apa yang menjadi kebutuhan dan tantangan bagi para Nasabah kami, termasuk anak muda. Melihat bahwa anak muda Indonesia saat ini dihadapkan dengan tantangan finansial, kami bersama UOB Indonesia berinisiatif menghadirkan PRUIncome Protection, sebuah inovasi untuk menjawab kebutuhan Nasabah akan perlindungan yang lebih komprehensif dengan harga premi yang terjangkau. Hanya dengan membayar premi selama 8 tahun, Nasabah dapat menikmati pertanggungan selama 12 tahun. Inovasi ini merupakan upaya kami untuk selalu hadir mendampingi generasi kini dan nanti, sama seperti kami mendampingi generasi sebelumnya,” ujar
Ivy Widjaja, Chief Partnership Distribution Prudential Indonesia.
Sementara itu Bea Teh Tan, Consumer Banking Director UOB Indonesia menambahkan bahwa Kemitraan ini mencerminkan visi bersama untuk mendukung Nasabah dalam mengelola risiko dengan bijak, serta membangun fondasi keuangan yang kuat untuk masa depan yang lebih baik. “Peluncuran produk PRUIncome Protection menegaskan komitmen UOB Indonesia dalam menghadirkan solusi keuangan yang mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat, khususnya generasi dan keluarga muda.”
Berbekal pengalaman 29 tahun di Tanah Air, Prudential Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya. Dengan dukungan UOB Indonesia, kami berharap dapat mendukung Nasabah merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik sehingga memiliki ketahanan finansial yang kuat,” tutup Ivy.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi
Advertisement