Orang Tua Wajib Tahu! Ini Cara Bijak Dampingi Anak di Era Digital

Oreo, produk unggulan dari Mondelez Indonesia, berkolaborasi dengan komunitas Fatayat NU dalam kajian keluarga bertajuk "Mengasuh dengan Teknologi, Membimbing dari Hati." Inisiatif ini bertujuan memberikan pembekalan bagi orang tua agar dapat membimbing anak secara positif di era digital.
"Kami memahami bahwa banyak tantangan dalam membimbing anak di era digital. Oleh karena itu, melalui kolaborasi ini kami ingin berbagi inspirasi positif kepada keluarga Indonesia untuk menjaga keseimbangan antara waktu bermain di dunia digital dan dunia nyata," ujar Khrisma Fitriasari, Head of Corporate Communication & Government Affairs Mondelez Indonesia, dikutip Sabtu (22/2/2025).
Kajian ini menyoroti peran orang tua dalam menghadapi perkembangan generasi alpha yang lahir dan tumbuh di era internet serta media sosial. Data BPS 2024 mencatat 33,44% anak usia dini di Indonesia telah menggunakan gadget, termasuk 25,5% anak berusia 0-4 tahun dan 52,76% anak berusia 5-6 tahun.
Mia Silmiah, Direktur Utama Rumah Besar Konseling Islam Fatayat NU, menekankan pentingnya pendampingan orang tua dalam menghadapi tantangan digital. "Dalam upaya menghasilkan generasi penerus yang tangguh dan berkualitas, diperlukan usaha yang konsisten dan berkesinambungan dari orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak-anak mereka secara lahir maupun batin," ujarnya.
Kajian ini membahas berbagai strategi pengasuhan di era digital, termasuk pemanfaatan teknologi secara positif, pengelolaan waktu penggunaan gadget, serta pemilihan konten digital yang tepat. Antusiasme peserta terlihat saat mereka berdiskusi mengenai cara menciptakan keseruan bersama keluarga di tengah perkembangan teknologi.
Baca Juga: Yayasan Sejiwa Apresiasi Pelibatan Anak-anak dalam Penyusunan Regulasi Perlindungan Digital
Sebagai bagian dari komitmennya, Oreo terus menghadirkan inspirasi melalui berbagai inisiatif seperti Oreo Play Pack, Oreo Pokemon, dan Oreo Batik. Menyambut Ramadan 2025, Oreo juga memperkenalkan Oreo Dessert Treats Neapolitan serta Oreo Play Pack Minions untuk menghadirkan momen keseruan keluarga saat berbuka puasa.
"Sebagai produk yang diproduksi di Indonesia, oleh orang Indonesia, dan menjadi favorit keluarga Indonesia, kami berharap berbagai inisiatif yang dihadirkan Oreo sejak 1995 ini bisa menjadi inspirasi positif bagi orang tua dalam mengembangkan model pengasuhan yang tepat di era digital," tutup Khrisma.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Advertisement