Kementerian BUMN Dorong Optimalisasi AI dalam Komunikasi di Medsos
Kredit Foto: Istimewa
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar “Workshop Komunikasi dan Optimasi AI untuk Media Sosial” pada 21-22 Februari 2025 di Bandung. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa komunikasi yang kuat dan strategis menjadi kunci keberhasilan BUMN dalam menjaga kepercayaan publik dan menjalankan perannya sebagai agen pembangunan.
“Tahun ini memang kita mengubah pola komunikasi. Kalau dulu tahun lalu kita ngomongin social media rangers, kalau sekarang kita sudah masuk kepada supaya semua BUMN, sampai cabang-cabangnya, ngomongin komunikasi. Karena BUMN ini punya potensi besar untuk komunikasi,” ucap dia.
Arya berharap workshop ini dapat menjadi momentum bagi seluruh BUMN untuk menerapkan strategi komunikasi yang lebih inovatif dan memanfaatkan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan guna meningkatkan kualitas serta jangkauan komunikasi digital.
Baca Juga: Kemendag dan Kementerian BUMN Siapkan 'Jalan Tol' Buat UMKM Tembus Pasar Global!
“Dengan komunikasi yang lebih terbuka, transparan, dan terintegrasi dari pusat hingga ke level terbawah, BUMN dapat semakin dekat dengan masyarakat serta memberikan informasi yang lebih akurat dan relevan, sejalan dengan visi transformasi digital yang diusung oleh Kementerian BUMN,” tambah dia.
Di era digital, lanjut Arya, komunikasi yang efektif tidak hanya terpusat pada kantor pusat atau tim humas di tingkat korporasi, tetapi harus merata hingga ke setiap unit kerja. “Namanya komunikasi, yang paling baik adalah desentralisasi. Harus membuat komunikasi sampai dengan level terbawahnya,” lanjut Arya.
Dengan sistem komunikasi yang terdesentralisasi, setiap unit di BUMN memiliki pemahaman yang sama dalam menyampaikan pesan kepada publik. Ini akan memastikan bahwa informasi yang diberikan akurat, transparan, dan konsisten, sesuai dengan strategi komunikasi perusahaan.
Sebaliknya, kesalahan dalam komunikasi bisa berdampak besar bagi perusahaan. “Salah komunikasi akan membuat goyah sebuah lembaga atau perusahaan. Komunikasi itu pentingnya bukan main. Di samping itu, kesalahan komunikasi dapat menghilangkan opportunity perusahaan,” tegas dia.
Oleh karena itu, setiap individu yang bertanggung jawab atas komunikasi di BUMN perlu memahami pentingnya menyampaikan pesan dengan benar dan tepat sasaran.
Baca Juga: Danantara Resmi Dibentuk, Era Baru Pengelolaan Aset BUMN
Adapun beberapa topik utama yang dibahas dalam workshop ini meliputi desentralisasi komunikasi di lingkungan BUMN, strategi komunikasi digital berbasis AI, storytelling dan branding BUMN di media sosial, pemanfaatan AI dalam pembuatan dan distribusi konten agar komunikasi lebih cepat dan berbasis data, hingga best practice dalam pengelolaan komunikasi lintas unit di BUMN.
Workshop diikuti 121 peserta yang terdiri dari perwakilan tim komunikasi dan pengelola media sosial di berbagai BUMN. Kegiatan ini juga mencakup site visit ke PT Pos Indonesia serta kunjungan ke dua UMKM binaan Rumah BUMN, yaitu Kampung Radjoet (Rumah BUMN Pertamina) dan Batik Dama Karya (Rumah BUMN BRI).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Belinda Safitri
Advertisement