Telkom Pacu Transformasi Digital dengan AI, Dukung Visi Indonesia Emas 2045

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus mempercepat transformasi digital nasional dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI). Langkah ini sejalan dengan misi Asta Cita untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dan memperkuat ekosistem digital di berbagai sektor.
Berdasarkan riset dari Statista, Precedence Research, dan Gartner, pasar AI global diproyeksikan tumbuh dengan CAGR sebesar 20-24% hingga 2032. Di Indonesia, nilai pasar AI diperkirakan mencapai USD 4,03 miliar pada 2030. Menyikapi tren tersebut, pemerintah telah meluncurkan Strategi Nasional AI 2020-2045 guna membangun ekosistem AI yang berkelanjutan.
“Kami terus mengembangkan inovasi digital yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia, salah satunya melalui pengembangan AI. Kami percaya bahwa AI bukan sekadar teknologi, tetapi menjadi enabler utama dalam menciptakan ekosistem digital yang lebih baik,” ujar Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid, Jakarta, Kamis (27/2/2025).
Baca Juga: Lewat BigBox, Telkom Wujudkan Inovasi Data Center Lokal sebagai Solusi AI
Telkom telah menghadirkan berbagai solusi AI yang dimanfaatkan di berbagai sektor industri, termasuk pemerintahan. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang lebih berkelanjutan.
Salah satu inovasi AI unggulan Telkom adalah BigBox AI, yang berada di bawah Leap Telkom Digital. Teknologi ini telah membantu instansi pemerintah dan perusahaan dalam mengotomatisasi tugas rutin sehingga tenaga kerja dapat lebih fokus pada aspek strategis dan pengambilan keputusan.
“BigBox AI hadir untuk membantu pelaku bisnis hingga instansi pemerintah dalam memanfaatkan kecerdasan buatan guna meningkatkan efisiensi operasional dan menghadirkan layanan yang lebih cerdas,” ujar CEO BigBox AI, Agus Laksono.
Baca Juga: Perkuat Artificial Intelligence (AI) di Indonesia, Telkom bersama IBM Kokohkan Kemitraan Strategis
BigBox AI memiliki berbagai fitur unggulan, seperti AI Analytics yang membantu bisnis memahami pola data untuk pengambilan keputusan lebih baik, Smart Automation yang memungkinkan perusahaan mengurangi pekerjaan manual, AI Chatbot untuk layanan pelanggan yang lebih responsif, serta Fraud Detection guna mendeteksi aktivitas mencurigakan dalam keamanan data dan transaksi.
Selain itu, BigBox AI juga mengembangkan teknologi Large Language Models (LLM) dan Natural Language Processing(NLP) yang telah dimanfaatkan oleh berbagai instansi pemerintah untuk analisis teks dan percakapan. Teknologi ini tidak hanya mempercepat komunikasi dan pengambilan keputusan, tetapi juga meningkatkan kredibilitas layanan di berbagai industri.
“Telkom berkomitmen mempercepat digitalisasi Indonesia dengan menyediakan solusi teknologi bagi industri dan pemerintahan, sekaligus membangun talenta AI dalam negeri yang kompetitif secara global,” tutup EVP Digital Business & Technology Telkom, Komang Budi Aryasa.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement