Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bulan Ramadhan Peluang UMKM Perikanan Tingkatkan Penjualan Melalui Pemasaran Digital

Bulan Ramadhan Peluang UMKM Perikanan Tingkatkan Penjualan Melalui Pemasaran Digital Kredit Foto: Antara/Arnas Padda
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Budi Sulistiyo menyampaikan bulan Ramadhan merupakan peluang bagi UMKM perikanan untuk meningkatkan akses pasar dan penjualan produk perikanan secara lebih luas, yaitu melalui pemasaran digital.

Pasalnya berdasarkan beberapa sumber, 72% konsumen menjadikan bulan Ramadan sebagai waktu yang tepat untuk mencari penawaran terbaik dan 78% dari mereka terbuka untuk mencoba merek baru pada saat berbelanja.

Baca Juga: Wamendagri Ungkap Sejumlah Arahan Prabowo dalam Ratas, dari Pendidikan hingga Hukuman Koruptor

"Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa penggunaan aplikasi juga meningkat selama Ramadan, tentu ini peluang bagi UMKM perikanan," kata Budi, dikutip dari siaran pers KKP, Rabu (5/3).

Sebagai langkah konkrit, Ditjen PDS bekerja sama dengan Shopee menggelar pelatihan digital marketing untuk UMKM Naik Kelas pada 26–27 Februari 2025. Pelatihan ini diikuti oleh 203 pelaku UMKM produk perikanan yang terbagi dalam empat angkatan. 

Budi mengatakan program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi digital guna memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing produk perikanan UMKM di era digital.

"Penguatan kapasitas pelaku UMKM menjadi prioritas KKP dalam mendukung pengembangan sektor kelautan dan perikanan," tuturnya.

Siapkan Pelatihan Lanjutan

Tak hanya memberi pelatihan digital marketing, Ditjen PDSPKP juga menyiapkan program lanjutan, yaitu pelatihan UMKM Siap Ekspor. Budi menegaskan tahap lanjutan tersebut akan difokuskan pada kesiapan UMKM dalam memenuhi standar ekspor, strategi pemasaran internasional, serta akses ke jaringan distribusi global.

"Nanti UMKM yang menunjukkan kinerja terbaik dalam implementasi strategi digital marketing akan mendapatkan kesempatan ikut pelatihan lanjutan," terangnya.

Senada, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP Erwin Dwiyana menyebut kolaborasi dengan Shopee memberikan manfaat bagi peserta dalam memahami ekosistem e-commerce secara lebih mendalam. Adapun materi pelatihan mencakup teknik pemasaran digital, optimalisasi toko daring, pemanfaatan fitur promosi, hingga strategi branding produk perikanan. 

"Peserta juga diberikan pendampingan terkait pengelolaan stok, layanan pelanggan, serta manajemen logistik untuk memastikan kelancaran transaksi daring," kata Erwin.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: