
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Wamenekraf/Wakaekraf), Irene Umar menghadiri turnamen e-sports terbesar di Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia Season 15, di MPL Arena, Jakarta, Sabtu (15/3/2025).
Dalam kesempattan tersebut, Wamenekraf Irene menyampaikan industri e-sports telah berkembang pesat dan memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja di berbagai sektor.
Baca Juga: Menko Airlangga Ungkap Berbagai Program untuk Dukung Pergerakan Ekonomi saat Lebaran
“E-sports bukan sekadar kompetisi, tetapi telah menjadi industri yang melibatkan banyak sektor, mulai dari pelatihan, publikasi, hingga penyelenggaraan turnamen. Hal ini membuka peluang ekonomi yang luas serta menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia,” ujar Irene, dikutip dari siaran pers Kemenekraf, Senin (17/3).
Irene menambahkan, e-sports juga berkontribusi terhadap sektor pariwisata dengan menarik perhatian penggemar dari luar negeri. Selain itu, e-sports merupakan model bisnis ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan dapat menjadi mesin baru pertumbuhan ekonomi nasional.
"E-sports memiliki kesamaan dengan industri olahraga lainnya di Indonesia, yang membutuhkan ekosistem pendukung agar dapat berkembang secara profesional dan berkelanjutan," ungkap Irene.
Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) terus berupaya mendukung perkembangan industri gim, khususnya e-sports, agar dapat bersaing di tingkat global serta memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi masyarakat. Harapannya, tidak hanya gim dari luar negeri, tetapi juga gim buatan anak bangsa dapat berjaya dan berkontribusi pada penambahan devisa negara.
Sementara itu, Head of Business Development Moonton Indonesia/PT Monster Entertainment, Martinus Manurung, menyatakan bahwa industri gim, terutama e-sports, sangat diminati masyarakat. Oleh karena itu, Moonton menghadirkan program MPL Career untuk membuka lapangan kerja berkualitas bagi generasi muda.
"Program MPL Career menawarkan berbagai peluang kerja di industri e-sports. Platform ini memberikan pengalaman kerja berharga dalam berbagai peran yang terkait dengan penyelenggaraan acara e-sports, sekaligus menunjukkan berbagai jalur karier yang dapat ditempuh dalam industri ini. Kami berharap program ini dapat menjadi langkah awal bagi talenta muda untuk membangun karier di dunia e-sports," ujar Martinus.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait:
Advertisement