
BYD akan segera menggunakan stasiun pengisian daya ultra cepat (ultrafast charging) 1.000 kW di Tiongkok, di mana sebanyak 500 pengisi daya pertama akan mulai beroperasi pada awal April untuk mempersiapkan peluncuran sedan Han L dan mobil SUV Tang L.
Carnewschina, Rabu, melaporkan, BYD meluncurkan stasiun pengisian daya 1MW pada 17 Maret dan mengatakan bahwa stasiun pengisian daya tersebut dapat mengisi daya sejauh 400 km dalam 5 menit.
Nama resmi pengisi daya ini adalah “Megawatt Flash Charger” dan merupakan pengisi daya EV pertama di dunia yang dapat menangani 1.000 V dan 1.000 A.
Pengisi daya ini juga menggandakan Supercharger Kabinet V4 terbaru Tesla, yang memiliki output maksimum 500 kW.
BYD berencana membangun 4.000 stasiun pengisian daya 1MW di China, tetapi sebelumnya tidak memberikan jadwal. Brand General Manager perusahaan, Li Yunfei, kini telah mengumumkan bahwa 500 unit pertama akan mulai beroperasi pada awal April.
"Beberapa orang masih tidak percaya atau ragu. Tapi gaya BYD selalu seperti itu, produksi massal segera setelah dirilis. 500 unit stasiun pengisian daya 1000 kW akan tersedia pada bulan April,” kata Li.
BYD akan melengkapi stasiun pengisian daya dengan sistem penyimpanan energi yang memungkinkan mereka untuk memberikan daya pengisian daya 1.000 kW bahkan di daerah di mana jaringan lokal tidak dapat memasok listrik yang cukup.
Pengisi daya 1MW merupakan bagian dari Super e-Platform BYD yang menggabungkan beberapa teknologi terkait lainnya seperti motor 30.000 rpm, sistem pengisian daya ganda, dan baterai yang mampu mengisi daya 10C.
Menariknya, Han L dan Tang L dapat diisi dengan dua colokan pengisian daya secara bersamaan. Ini bukanlah hal baru, karena BYD sudah menguji teknologi ini pada Denza D9 yang sudah berusia tiga tahunSelain itu, pengisi daya 1MW BYD sebenarnya dapat menghasilkan pengisian daya puncak sebesar 1.360kW. Namun, BMS Han dan Tang L hanya dapat menangani 1.000 kW.
BYD telah membagikan video di mana Han L menambahkan 2 km per detik saat dicolokkan ke pengisi daya 1000 kW, dan itu hanya dengan satu colokan.
Han L EV dan Tang L EV adalah mobil listrik unggulan di bawah merek BYD mulai dijual di China pada 17 Maret dengan harga 270.000 yuan (Rp618 juta).
Kedua mobil ini diklaim memiliki waktu akselerasi dari nol hingga seratus km/jam dalam kisaran dua detik, lebih dari 1000 hp, sistem tegangan tinggi 1000V, dan pengisian daya 10C. Powertrain, spesifikasi, dan banyak bagian yang sama. Perbedaan utamanya Han L adalah sedan dan Tang L adalah SUV.
Kedua mobil ini akan diluncurkan secara resmi pada bulan April dan memulai debut publiknya di Shanghai Auto Show akhir bulan itu
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement