Film Lokal Berhasil Dominasi Layar Bioskop pada Libur Lebaran, Capai Jutaan Penonton
Kredit Foto: Andi Hidayat
Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya mengapresiasi pencapaian gemilang industri perfilman nasional pada momen lebaran.
Berdasarkan data dari berbagai jaringan bioskop dan pelaku industri film, sejumlah film Indonesia yang serentak tayang di bioskop saat Libur Lebaran 2025 berhasil mencapai jutaan penonton.
Baca Juga: Presiden Prabowo Puas Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2025 Turun 30%
Menurut Riefky, pencapaian ini merupakan sinyal positif bagi pertumbuhan industri kreatif, khususnya sektor Film, Animasi dan Video.
“Libur Lebaran tahun ini menjadi momentum penting bagi sineas Indonesia. Film-film lokal berhasil mendominasi layar bioskop dan disambut hangat oleh masyarakat di seluruh pelosok tanah air,” ujar Menekraf Riefky, dikutip dari siaran pers Kemenekraf, Selasa (8/4).
Tiga film nasional yang dirilis pada Libur Lebaran 2025 berhasil meraih lebih dari 1 juta penonton, yaitu Pabrik Gula yang disutradarai oleh Awi Suryadi dan diproduksi oleh MD Pictures, Qodrat 2 yang disutradarai oleh Charles Gozali dan diproduksi oleh Magma Entertainment dan Rapi Film, serta film Animasi Jumbo karya Ryan Adriandhy yang diproduksi oleh Visinema Pictures bersama 420 kreator Indonesia.
Film animasi Jumbo mencetak sejarah baru dan dinobatkan sebagai film animasi Indonesia terlaris sepanjang masa. Didukung oleh kolaborasi antara pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan dalam upaya promosi lintas kanal, JUMBO berhasil mencetak angka 1.005.252 penonton menurut data terakhir per tanggal 6 April 2025 yang diambil dari jaringan bioskop.
Dalam kurun waktu hanya tujuh hari penayangan, JUMBO berhasil meraih lebih dari 1 juta penonton, melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh Si Juki the Movie: Panitia Hati Akhir (2017), yang mencetak angka total 642.312 penonton.
Menekraf menambahkan bahwa Kemen Ekraf/Badan Ekraf akan terus mendukung pertumbuhan ekosistem perfilman nasional melalui berbagai program fasilitasi, insentif, hingga promosi lintas platform bersama berbagai stakeholders.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Advertisement