
PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) resmi berdiri sebagai entitas telekomunikasi terpadu hasil penggabungan usaha PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom. Penggabungan ini efektif berlaku sejak Kamis (17/4/2025).
Presiden Direktur dan CEO XLSMART, Rajeev Sethi, menyatakan bahwa pembentukan XLSMART merupakan langkah strategis untuk menyatukan kekuatan saling melengkapi dari XL Axiata dan Smartfren di bawah satu kepemimpinan dan visi bersama.
“Langkah ini penting untuk menjadi pemimpin laju transformasi digital Indonesia,” kata Rajeev dalam keterangan resminya, Kamis (17/4/2025), di Jakarta.
Baca Juga: Arsjad Rasjid Pimpin XLSMART, Merger XL Axiata dan Smartfren Pacu Transformasi Digital Indonesia
Dengan pangsa pasar gabungan sebesar 25%, proyeksi pendapatan pro forma Rp45,8 triliun, dan basis pelanggan lebih dari 94,5 juta, XLSMART menargetkan menjadi perusahaan telekomunikasi paling dicintai di Indonesia pada 2027.
“Sembari meningkatkan kualitas layanan, memperluas cakupan, dan menghadirkan pengalaman digital yang lebih cerdas dan terintegrasi. Dengan lebih dari 94,5 juta pelanggan, setiap koneksi sangat berarti, dan kami berkomitmen memberikan layanan yang andal, inklusif, dan transformatif,” ujar Rajeev.
Ia menegaskan bahwa fokus utama manajemen adalah memberikan layanan lebih baik dan cepat melalui integrasi jaringan.
“Memastikan servis tidak ada perubahan dan tidak ada gangguan, memastikan customer experience melalui digitalisasi dan personalisasi. Dan yang keempat, memastikan bahwa kita dari Excel Smart itu masih affordable, jadi masih tidak terlalu mahal, kalau dibilang lebih gampang,” jelasnya.
Baca Juga: Hari Ini! Smartfren (FREN) Resmi Tinggalkan Pasar Modal Indonesia
XLSMART juga menegaskan sinergi dua operator besar ini akan memberi dampak signifikan. Perusahaan akan terus mengoperasikan merek XL, AXIS, dan Smartfren untuk melayani pelanggan seluler dan home broadband, serta pelanggan UMKM dan korporasi melalui XLSMART for Business.
Mulai hari ini, susunan Direksi dan Dewan Komisaris baru resmi menjabat. Struktur ini mencerminkan perpaduan kepemimpinan dari kedua organisasi pendahulu dan menunjukkan komitmen terhadap tata kelola yang seimbang, pengambilan keputusan berorientasi pelanggan, serta inovasi berjangka panjang.
Dengan struktur dan identitas baru, XLSMART siap memberdayakan masyarakat, pelaku usaha, dan institusi di seluruh Indonesia.
“Kami membangun perusahaan yang lebih mendengarkan, lebih gesit bergerak, dan lebih cerdas dalam melayani. Baik di kota besar maupun wilayah pelosok, XLSMART hadir untuk memastikan setiap orang Indonesia memiliki akses terhadap teknologi, jaringan, dan pengalaman yang benar-benar bermakna,” tutur Rajeev.
Baca Juga: XL Axiata dan Smartfren Merger! Ini Susunan Komisaris dan Direksi Barunya
XLSMART juga memperkenalkan identitas korporat baru sebagai refleksi dari ambisi dan komitmen perusahaan. Logogram “Infinity World” menjadi simbol utama merek ini—melambangkan konektivitas tanpa batas dan peluang tak berujung.
Tagline “Bersama, Melaju Tanpa Batas” menggambarkan semangat penggabungan sebagai ajakan kepada pelanggan, komunitas, dan mitra untuk maju bersama sebagai satu kesatuan. Kepribadian merek ini mencerminkan keberanian, kebijaksanaan, kolaborasi, dan pemberdayaan—diekspresikan melalui desain dinamis dan pesan yang digerakkan oleh tujuan.
“Identitas baru ini tidak hanya mencerminkan siapa kami, tetapi juga apa yang ingin kami bangun—Indonesia yang berkembang dan unggul di era digital,” pungkas Rajeev.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Cita Auliana
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement