- Home
- /
- Kabar Finansial
- /
- Bursa
Moncer! Produsen Pixy dan Gatsby (TCID) Catat Penjualan Rp1,1 Triliun di Semester I 2025
Kredit Foto: Freepik/Racool Studio
PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) mencatatkan kinerja gemilang di semester I 2025 dengan pertumbuhan penjualan sebesar 25,6% secara tahunan. Total penjualan bersih meningkat dari Rp853,7 miliar pada periode yang sama tahun lalu menjadi Rp1,1 triliun.
Kinerja positif ini didorong terutama oleh lonjakan signifikan penjualan domestik, yang tumbuh 46,2% dari Rp504,3 miliar menjadi Rp737,1 miliar dan berkontribusi hingga 68,7% terhadap total penjualan.
Pertumbuhan penjualan domestik tak lepas dari kinerja impresif segmen produk kecantikan. Segmen perawatan kulit dan makeup membukukan pertumbuhan mencolok sebesar 36,4%, dari Rp296,3 miliar menjadi Rp404,2 miliar.
Baca Juga: Penjualan Merosot, Laba Emiten Susu Ultra (ULTJ) Terkoreksi 20,03% per Juni 2025
Produk wewangian juga mencatatkan lonjakan penjualan sebesar 33,9% menjadi Rp257,4 miliar dari sebelumnya Rp192,2 miliar. Adapun segmen perawatan rambut ikut menyumbang pertumbuhan dua digit, naik 11,2% menjadi Rp401,2 miliar dari Rp360,9 miliar.
Namun di sisi ekspor, TCID mencatatkan sedikit tekanan. Penjualan luar negeri mengalami penurunan sebesar 4,1%, dari Rp349,4 miliar menjadi Rp335,2 miliar pada semester I 2025.
Di sisi profitabilitas, perusahaan berhasil menekan laju kenaikan beban pokok penjualan hanya sebesar 4,7%. Rasio beban pokok terhadap penjualan bersih pun membaik tajam dari 86,1% menjadi 71,8%. Perbaikan ini mendorong lonjakan laba kotor dari Rp118,7 miliar di semester I 2024 menjadi Rp302,9 miliar.
“Kami berhasil menjaga kenaikan beban pokok penjualan sehingga laba kotor dapat tumbuh signifikan hingga lebih dari dua kali lipat dibanding capaian pada periode semester pertama tahun lalu,” ujar Koichi Watanabe, Presiden Direktur/CEO PT Mandom Indonesia Tbk.
Dampak positif dari efisiensi tersebut juga tercermin pada laba usaha yang berhasil berbalik positif sebesar Rp51,8 miliar, dari sebelumnya mencatatkan rugi usaha Rp68,7 miliar. Laba bersih pun ikut pulih drastis, menjadi Rp48,4 miliar, dari rugi bersih Rp41,7 miliar di periode yang sama tahun lalu.
Baca Juga: Pangkas Rugi Rp20 T, Danantara Rampingkan 1.046 Perusahaan Jadi 228
“Kami akan berupaya untuk mencatatkan kinerja yang positif di tahun 2025 didukung dengan berbagai strategi yang telah kami persiapkan,” tambah Koichi Watanabe.
Strategi utama yang tengah dijalankan mencakup percepatan inovasi produk baru serta perluasan penetrasi pasar. Produk hair styling GATSBY tetap menjadi prioritas dengan posisi sebagai market leader yang ingin diperluas ke segmen konsumen baru.
Tak hanya itu, rebranding merek PIXY yang dilakukan akhir 2024 juga menjadi momen penting. Dengan pasar kosmetik wanita yang masih tumbuh kuat, Mandom siap meluncurkan serangkaian produk inovatif untuk menjaga momentum pertumbuhan tersebut.
“Pasar kosmetik wanita masih tumbuh dengan baik di tahun ini dan untuk itu kami akan memanfaatkan momentum ini dengan meluncurkan sejumlah produk baru inovatif dari PIXY,” pungkas Koichi Watanabe.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait:
Advertisement