Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Gelar Sosialisasi 'Anugerah Jurnalistik Pertamina 2025' hingga Ujung Barat Indonesia

Pertamina Gelar Sosialisasi 'Anugerah Jurnalistik Pertamina 2025' hingga Ujung Barat Indonesia Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero) menjangkau seluruh nusantara dengan menghadirkan Pertamina Group lewat Anugerah Jurnalistik Pertamina 2025 (AJP). Pada rangkaian kegiatan Sosialisasi AJP untuk Teritori I Wilayah Sumbagut, yang diselenggarakan di Banda Aceh pada Rabu, 20 Agustus 2025, perusahaan memperkenalkan portofolio bisnis dan terobosan inovasi kepada para jurnalis dari Indonesia bagian barat.

AJP merupakan kompetisi jurnalistik tahunan Pertamina, sebagai bentuk apresiasi Perseroan kepada para jurnalis yang telah berkontribusi dalam mendorong pemahaman masyarakat mengenai isu keberlanjutan energi di Indonesia melalui kompetisi jurnalistik tahunan.

Corporate Secretary PT Pertamina International Shipping (PIS) Muhammad Baron mengungkapkan, PIS  menjadi tulang punggung (backbone) transportasi maritim yang mengantarkan energi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. 

"Walaupun PIS tidak memiliki operasional di wilayah Sumbagut, namun sebenarnya PIS berada semua wilayah Indonesia, karena melalui perairan laut kami memastikan energi tersalurkan sesuai dengan peran kami sebagai urat nadi virtual energi," jelasnya saat Pembukaan Sosialisasi AJP Teritori I Sumbagut, di Banda Aceh, Rabu (20/8). PIS merupakan tuan rumah penyelenggaraan teritori Sumbagut. 

Sosialisasi AJP 2025 wilayah Sumbagut ini dihadiri sekitar 68 jurnalis dari berbagai media, yang hadir secara langsung (offline) maupun daring (online). Selain menjelaskan AJP, pada sosialisasi tersebut, enam subholding Pertamina memaparkan bisnisnya masing-masing terutama terkait operasional yang berada di wilayah Sumbagut. 

Sesuai dengan tema AJP 2025 yaitu "Energizing Indonesia", Pertamina Group bersinergi untuk mencapai ketahanan energi di Indonesia dan berdampak positif bagi bangsa dan negara. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengungkapkan bahwa AJP terbuka untuk semua jurnalis di tanah air, baik dari media nasional maupun lokal, dengan cakupan wilayah teritorial yang luas.

“AJP bukan sekadar ajang kompetisi, tapi momen untuk mempererat hubungan media dan Pertamina dalam membangun semangat komunikasi yang positif dan edukatif,” jelas Fadjar.

AJP tahun ini memasuki pelaksanaan ke-22 sejak pertama kali digelar pada tahun 2003. AJP menjadi ajang kolaborasi dan kompetisi yang sehat antarjurnalis dari seluruh Indonesia.

Pada AJP, terdapat delapan kategori lomba dalam dua pilar yaitu Bisnis dan Non-Bisnis, meliputi Karya Tulis, Karya TV, Karya Radio, dan Essay Foto. Menariknya, peserta boleh mengirimkan karya sebanyak-banyaknya tanpa batasan jumlah. Karya yang diikutsertakan dapat yang telah dipublikasikan dalam periode 1 November 2024 hingga 31 Oktober 2025. 

Proses penjurian akan dilakukan secara independen oleh dewan juri yang terdiri dari akademisi, praktisi media, pengamat energi, fotografer profesional, dan pakar komunikasi.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran AJP 2025, jurnalis dapat mengakses situs resmi www.pertamina.com/id/ajp-home.

Pertamina sebagai perusahaan energi nasional berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 melalui program-program berkelanjutan yang berdampak nyata bagi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasinya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: