Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Angkut 286 Juta Penumpang, KAI Bukukan Laba Rp1,2 Triliun di Semester I-2025

Angkut 286 Juta Penumpang, KAI Bukukan Laba Rp1,2 Triliun di Semester I-2025 Kredit Foto: Antara/Tri Meilani Ameliya
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatatkan laba bersih Rp1,2 triliun sepanjang semester I-2025, tumbuh 7,7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Hingga Juni 2025, pendapatan perusahaan mencapai Rp16,8 triliun atau naik 1,53 persen dari Rp16,6 triliun, sementara EBITDA tercatat Rp4,1 triliun, melonjak 17,6 persen.

Direktur Utama KAI, Bobby Rasyidin, menyatakan kinerja tersebut merupakan hasil konsistensi transformasi berkelanjutan di bidang operasional, pelayanan, dan strategi keuangan.

“KAI tidak hanya menjaga stabilitas keuangan, tetapi juga terus membangun fondasi untuk masa depan transportasi Indonesia. Fokus kami adalah menciptakan sistem transportasi yang terintegrasi, berkelanjutan, dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional,” kata Bobby dalam keterangannya, Kamis (28/8/2025).

Baca Juga: KAI Rombak Jajaran Direksi dan Komisaris, Ini Susunan Terbarunya!

Manajemen KAI memproyeksikan total pendapatan hingga akhir 2025 mencapai Rp36,7 triliun, tumbuh 2 persen dibanding realisasi 2024 sebesar Rp35,9 triliun. Proyeksi ini sejalan dengan strategi perusahaan dalam memperkuat efisiensi dan mengoptimalkan layanan penumpang maupun barang.

Dari sisi operasional, KAI mencatat tingkat ketepatan waktu (on-time performance) berada pada level tinggi. Untuk kereta penumpang, keberangkatan tepat waktu tercatat 99,51 persen dan kedatangan 96,24 persen. Sementara itu, pada kereta barang, keberangkatan mencapai 96,76 persen dan kedatangan 90,13 persen, lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Tumbuh Minimalis, KAI Bukukan Laba Rp1,17 Triliun Sepanjang Semester I 2025

Kinerja layanan juga tercermin dari pertumbuhan jumlah pelanggan. Sepanjang Januari–Juli 2025, KAI Group telah melayani 286 juta penumpang, meningkat 9 persen dibanding periode sama tahun 2024. Lonjakan ini dinilai sebagai indikasi meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi utama.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menegaskan bahwa capaian tersebut akan menjadi motivasi untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. “Kami berkomitmen di setiap perjalanan dengan kereta api menghadirkan rasa aman, nyaman, dan tepat waktu. Di paruh kedua 2025, KAI akan terus memperkuat operasional, menjaga stabilitas keuangan, dan menghadirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Anne.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Azka Elfriza
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: