Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kolaborasi Strategis MahakaX dan Tencent Cloud, Hadirkan Digital Human Berbasis AI di Indonesia

Kolaborasi Strategis MahakaX dan Tencent Cloud,  Hadirkan Digital Human Berbasis AI di Indonesia Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

MahakaX (IDX: ABBA) mengumumkan kerja sama dengan Tencent Cloud guna membentuk kemitraan strategis inovasi kecerdasan buatan (AI) bersama yang berfokus pada pasar Indonesia. Kolaborasi ini akan memacu pengembangan platform manusia digital serta solusi dan layanan AI yang telah disesuaikan bagi pengguna di Indonesia.

Pada kerja sama ini, Tencent Cloud bertindak sebagai penyedia teknologi, dengan menyumbangkan teknologi AI mutakhir, solusi infrastruktur komputasi awan, serta kemampuan manusia digital berbasis AI guna menjamin aspek skalabilitas, keamanan, dan inovasi yang berkelanjutan. Di sisi lain, mahakaX akan memanfaatkan kemampuan Tencent Cloud untuk mengembangkan konten yang disesuaikan dengan pasar lokal, meliputi templat, model, dan suara, dengan memanfaatkan kekuatan ekosistem media serta perpustakaan audio lokal berskala besar yang dimiliki mahakaX.

Dengan demikian, pengguna di Indonesia dapat memanfaatkan solusi digital human untuk membuat video berkualitas tinggi dengan menghadirkan digital human bagi berbagai kebutuhan yang berhadapan langsung dengan pelanggan, seperti periklanan, video instruksional serta edukasi konsumen. Kolaborasi ini akan menghadirkan kapabilitas AI yang memadukan wawasan lokal Indonesia dengan keunggulan teknologi Tencent Cloud serta ekosistem media dan konten mahakaX yang andal, sehingga menawarkan solusi yang lebih alami, relevan dan efektif bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Menkomdigi Meutya Hadir di GameTech Expo, Mahasiswa MMTC Yogyakarta Dorong Gim Lokal ke Panggung Dunia

Ekonomi pengaruh (influencer economy) di Indonesia terbukti sangat efektif dengan KOL (key opinion leaders) yang mampu beresonansi kuat dengan audiens lokal. Rekomendasi dan ulasan produk dari KOL mempengaruhi lebih dari 85% konsumen di Indonesia serta membentuk lebih dari 60% keputusan pembelian. 

Sepanjang 2023, tercatat 86,3% merek di Indonesia telah menjalankan kampanye pemasaran influencer, dengan 57,5% diantaranya mengalokasikan lebih dari Rp 100 juta untuk aktivitas tersebut. Dari sisi perilaku pengguna, sekitar 76% pengguna media sosial mengikuti setidaknya satu influencer dan 68% diantaranya pernah melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi influencer. 

Dinamika ini semakin diperkuat oleh pertumbuhan periklanan digital di Indonesia yang ditopang oleh 143 juta pengguna media sosial atau sekitar setengah dari total populasi, meningkat 2,9% dibandingkan tahun sebelumnya. Chief Executive Officer mahakaX, Ronny W. Sugiadha, menyatakan bahwa kemitraan strategis antara mahakaX dan Tencent Cloud ini menegaskan komitmen kami dalam menghadirkan solusi kecerdasan buatan yang terlokalisasi khusus untuk pasar Indonesia. 

Dengan memanfaatkan kekuatan ekosistem media dan konten lokal milik mahakaX serta keunggulan teknologi Tencent Cloud dalam AI, cloud dan platform digital human, kami yakin kolaborasi ini akan membuka peluang baru melalui model bisnis berkelanjutan, sekaligus menghadirkan pengalaman pengguna yang relevan serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Poshu Yeung, Head of Tencent Cloud International mengatakan bahwa basis konsumen Indonesia yang muda, dinamis dan mobile-first dalam mencari konten digital yang menarik, baik untuk hiburan maupun mendukung keputusan pembelian bagi mereka. Kolaborasi kami dengan mahakaX akan menghadirkan pengalaman unik berbasis AI yang sangat mudah diskalakan bagi mitra ekosistem dan konsumen mereka, sekaligus memungkinkan Tencent Cloud untuk terus berkembang di Indonesia dan kawasan regional.

Solusi ini tersedia bagi pengguna bisnis di Indonesia dan juga diperluas untuk pasar konsumen yang lebih luas, mencakup segmen B2B maupun B2C, sehingga hasil yang ditawarkan selaras dengan budaya masyarakat Indonesia. Pengguna dapat mengakses layanan ini melalui platform situs resmi, dimana pelanggan B2B maupun B2C dapat masuk dan melakukan verifikasi akun menggunakan kredensial email. Alur yang terintegrasi ini memastikan proses akses yang aman bagi seluruh segmen pelanggan. 

Dengan kombinasi peran strategis tersebut, mahakaX dan Tencent Cloud berkomitmen menghadirkan platform yang andal dan aman, sekaligus membuka peluang baru bagi para pelaku ekosistem. Langkah ini mempertegas kekuatan mahakaX dalam konten lokal dan jaringan media, serta keunggulan teknologi Tencent Cloud. 

Baca Juga: Berdampak ke UMKM, Komdigi: Penutupan Live TikTok Diharap Tak Berlangsung Lama

Untuk kedepannya mahakaX dan Tencent Cloud akan terus mengeksplorasi peluang sinergi baru dan bila memungkinkan, menghadirkan nilai tambah bagi demografi konsumen Indonesia yang terus bertumbuh, kreator konten serta mitra bisnis secara lebih luas.

Data tambahan jika dibutuhkan :

MahakaX (IDX : ABBA) adalah ekosistem media digital kreatif terdepan di Indonesia yang menghubungkan berbagai sektor melalui unit bisnis Alive, Inspire, JakTV, Mahaka Square, Republika serta sejumlah unit lainnya yang tergabung dalam The mahakaX Ecosystem. Dengan visi menjadi ekosistem media digital kreatif yang adaptif terhadap perkembangan zaman, mahakaX berkomitmen untuk menciptakan dampak positif bagi industri dan masyarakat luas melalui kolaborasi, inovasi serta pemanfaatan teknologi digital.

Sebagai katalisator perubahan dalam industri media digital kreatif, mahakaX terus berinovasi dalam menghadirkan pengalaman interaktif dan bermakna bagi audiens serta memperkuat posisi sebagai pilar utama industri media digital kreatif di Indonesia.

Tencent Cloud, salah satu perusahaan cloud terkemuka di dunia, berkomitmen untuk menghadirkan solusi inovatif guna menyelesaikan tantangan nyata serta mendorong transformasi digital bagi berbagai industri cerdas. 

Melalui infrastruktur global yang luas, Tencent Cloud menyediakan produk dan layanan cloud terdepan di industri yang stabil dan aman bagi berbagai bisnis di seluruh dunia, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti komputasi awan, analitik Big Data, kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT) dan keamanan jaringan. 

Baca Juga: Dari BTS ke Sekolah Rakyat, Begini Alokasi Rp8 Triliun Komdigi

Misi utama kami adalah memenuhi kebutuhan lintas industri, termasuk dibidang gim, media dan hiburan, keuangan, layanan kesehatan, properti, ritel, perjalanan, dan transportasi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: