Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga melaporkan laba bersih sebesar Rp 5,26 triliun, atau tumbuh 2,6% secara tahunan (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 5,13 triliun.
Presiden Direktur & CEO CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan bahwa CIMB Niaga mencatat pertumbuhan laba positif pada sembilan bulan pertama tahun 2025, didukung oleh peningkatan yang baik pada kredit serta current account and savings account (CASA).
"Secara kuartal, perolehan kinerja kami menunjukkan peningkatan operasional dan profitabilitas, yang didorong oleh pengelolaan biaya yang disiplin serta pertumbuhan pendapatan yang berkelanjutan," kata Lani dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (30/10/2025).
Baca Juga: Tak Terpengaruh Dana Rp200 Triliun untuk Himbara, CIMB Niaga Tetap Optimistis Jaga Kinerja
Sementara itu, total aset konsolidasian adalah sebesar Rp369,5 triliun per 30 September 2025.
Berdasarkan kinerja intermediasi bank, jumlah kredit/pembiayaan naik 4,6% yoy menjadi Rp228,7 triliun, didukung oleh kinerja yang baik di seluruh segmen utama.
Usaha Kecil Menengah (UKM) mencatatkan pertumbuhan tertinggi sebesar 5,7% yoy diikuti oleh Perbankan Korporat yang tumbuh 5,4% yoy dan Perbankan Konsumer yang meningkat 4,3% yoy.
Lani mengatakan, kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) sebesar 18,7% yoy.
"Kami juga terus menjaga kualitas aset dengan prinsip kehati-hatian, dengan rasio gross non-performing loan (NPL) sebesar 1,98%," tambahnya.
Baca Juga: CIMB Niaga Hadirkan Cashback 30% Fountain Ice Cream Gunakan QRIS OCTO Mobile
CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,7% dan 81,1%.
Dari sisi pendanaan, total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp278,0 triliun, naik 8,6% yoy, menunjukkan rasio CASA yang baik sebesar 67,9%. CASA tumbuh 10,6% yoy menjadi Rp188,8 triliun.
"Sebagai hasil dari upaya Bank untuk membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital," terangnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Cita Auliana
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement