Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Strategi Grup Astra OLXmobbi Mengerek Penjualan Mobil Bekas Akhir Tahun, Manfaatkan Pengguna Jutaan Orang di Platform Digital

Begini Strategi Grup Astra OLXmobbi Mengerek Penjualan Mobil Bekas Akhir Tahun, Manfaatkan Pengguna Jutaan Orang di Platform Digital Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penjualan mobil bekas tercatat menunjukan trend yang positif, setidaknya berdasarkan data dari salah satu platform bisnis Grup Astra, PT Astra Digital Mobil (ADMO) atau OLXmobbi tercatat penjualan mobil di OLX pada periode Januari-September 2025 naik 24 persen secara year on year.

Berdasarkan laporan keuangan tahun 2024, OLXmobbi mencatat penjualan sebanyak 27.300 unit mobil bekas, naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara angka pengguna aktif OLXmobbi yang mencapai 1,5 juta orang di Q4 2024. Banyaknya penjualan ini seiring dengan tren positif penjualan mobil bekas di Indonesia yang mencapai 1,8 juta unit sepanjang 2024, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Direktur OLXmobbi Agung Iskandar mengatakan OLXmobbi telah melakukan inspeksi lebih dari 100 ribu mobil bekas selama 2024.

Baca Juga: Utamakan Kenyamanan Pelanggan, Hyundai Terapkan Program Recall untuk Mobil IONIQ 6 Model 2022–2025

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kemudahan dan keamanan bertransaksi dengan dukungan ekosistem Grup Astra," kata Agung.

Ia mengklaim dengan jutaan pengguna aktif, ribuan iklan mobil setiap bulan, serta dukungan layanan inspeksi dan pembiayaan, transaksi kendaraan bekas akan terdongkrak hingga akhir tahun.

Salah satu faktor yang membuat OLX mobil bekas jadi populer adalah jumlah pencarian yang besar setiap bulannya.

Ia menyebut data internal OLX mencatat, Februari 2025 tercatat 10,3 juta kunjungan. Sedangkan dari awal tahun 2025 tercatat 3,4 jutaan kunjungan tiap bulannya yang mencari mobil bekas di platform ini.

Permintaan terbesar datang dari Jabodetabek, lalu Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Solo. Tingginya trafik ini memudahkan pedagang menjangkau calon pembeli, sekaligus memberi banyak pilihan bagi konsumen.

OLX menjadi daya tarik karena variasi unit yang sangat beragam. Berdasarkan laporan Otobarometer, ada lebih dari 200 ribu iklan mobil bekas aktif di platform ini.

Selain marketplace online, OLX juga menghadirkan OLXmobbi, yang melayani jual dan beli mobil bekas secara retail di lebih dari 30 gerai offline.

Baca Juga: Tanggapi Polemik BEV vs ICE, ENTREV Paparkan Keunggulan Operasional Mobil Listrik

Pada 2024, OLXmobbi mencatat penjualan lebih dari 27 ribu unit, naik dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Bahkan, pengguna aktif OLXmobbi mencapai 1,5 juta orang pada kuartal IV 2024.

"Daya tarik lain dari OLX adalah kisaran harga mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Data menunjukkan rentang harga paling diminati berada antara Rp100 juta hingga Rp200 juta. Harga ini pas dengan daya beli kalangan menengah, terutama mereka yang mencari mobil keluarga maupun mobil harian dengan biaya lebih terjangkau," tandasnya.

Faktor lain yang memperkuat reputasi OLX adalah pertumbuhan transaksi yang stabil. Pada semester I 2024, jumlah transaksi mobil bekas melalui OLX mencapai 12 ribu unit, naik sekitar 40 persen dari periode sama tahun sebelumnya.

Tren positif ini membuktikan bahwa OLX mobil bekas tetap menjadi pilihan utama masyarakat meski kompetisi antarplatform semakin ketat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: