Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Percepat Klaim Kesehatan, Asuransi Astra Luncurkan Layanan Express Discharge

Percepat Klaim Kesehatan, Asuransi Astra Luncurkan Layanan Express Discharge Kredit Foto: Asuransi Astra
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) resmi meluncurkan layanan Express Discharge pada produk Garda Medika melalui aplikasi Garda Mobile Medcare. Express Discharge yang memungkinkan peserta dapat langsung pulang setelah konsultasi dengan dokter dilakukan. 

President Director Asuransi Astra, Maximiliaan Agatisianus, mengatakan bahwa layanan Express Discharge hadir sebagai solusi atas permasalahan proses komunikasi antara rumah sakit dan pemilik asuransi. Dengan satu klik, proses pembayaran dan permintaan pengantaran obat dapat dilakukan dengan mudah.

“Menghadirkan inovasi Express Discharge melalui aplikasi Garda Mobile Medcare ini dapat diterima dengan baik dan menjawab kebutuhan peserta Garda Medika terhadap layanan rawat jalan yang seamless dan terdigitalisasi,” ujar Maxi dalam acara The Launching of Express Discharge, Jakarta, pada Rabu (12/11/2025).

Baca Juga: Asuransi Astra Genjot CSR Jadi Pilar Bisnis Berkelanjutan

Express Appointment saat ini sudah memiliki beberapa partner rumah sakit seperti Primaya Hospital Group, Mitra Keluarga, Eka Hospital Group, EMC Healthcare, dan Hermina Hospitals Group. 

Dalam kesempatan yang sama, Operation Director Asuransi Astra, Henry Yoga, menjelaskan bahwa layanan Express Discharge sebagai lanjutan usai peluncuran fitur express appointment untuk kemudahan booking konsultasi dokter di rumah sakit. 

Henry menambahkan, Asuransi Astra terus membangun ekosistem digital yang terintegrasi untuk tiga pihak utama yakni rumah sakit, nasabah, dan perusahaan klien. Melalui fitur Garda Medika Access untuk layanan rawat jalan (outpatient), rawat inap (inpatient) serta Client Information Access bagi perusahaan, seluruh proses kini dapat dilakukan secara digital dan transparan.

Baca Juga: Literasi Tinggi, Tapi Penetrasi Asuransi RI Masih Seret, Kok Bisa?

“Sehingga pada waktu kami menentukan prioritas, kami bilang kalau gitu product service ini let's start dari journey-nya outpatient. Karena dia ada 10 kali lipat lebih banyak transaksinya dibanding yang inpatient,” ujar Henry. 

Lebih lanjut, Henry menyoroti peran aplikasi Garda Mobile Medcare sebagai platform utama bagi pengguna Garda Medika yang juga menyediakan fitur digital card, e-consultation, hingga e-claim yang memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan kesehatan tanpa kartu fisik.

“Kalau dulu kan, kalau belum masukin, bawa kartu fisik. Kayaknya kartu fisik itu bikin dompet tebel-tebel. Supaya gak tebel, kartunya dipindahin ke dalam aplikasi,” tutur Henry.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cita Auliana
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: