- Home
- /
- New Economy
- /
- CSR
Gelar Pelatihan Strategi Digital 'Affiliate Marketing', Pertamina Dorong UMKM Banjarmasin Naik Kelas
Kredit Foto: Istimewa
PT Pertamina (Persero) menunjukkan komitmennya dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Program Rumah BUMN Pertamina. Di Banjarmasin, komitmen ini diwujudkan dengan penyelenggaraan pelatihan literasi digital dan penguatan produk unggulan yang diikuti oleh lebih dari 50 UMKM mitra binaan. Pelatihan yang bertajuk “Klik, Promosi, Dapat Cuan! Belajar Affiliate Marketing untuk Pemula” ini juga disinergikan dengan Sosialisasi Bright Gas.
Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi aktif antara PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Sales Area Kalimantan Selatan dan Rumah BUMN Pertamina Banjarmasin. Pelatihan tersebut dilaksanakan secara langsung di kantor PT Pertamina Patra Niaga Sales Area Kalimantan Selatan, menunjukkan sinergi antara unit bisnis dan program pemberdayaan perusahaan.
VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Muhammad Baron, menjelaskan bahwa Pertamina berupaya mendukung UMKM Naik Kelas dengan memperkuat kolaborasi lintas fungsi dan wilayah.
“Pertamina terus mendukung UMKM Naik Kelas, dengan cara memperkuat kolaborasi lintas fungsi dan lintas wilayah sehingga diharapkan makin memperkuat UMKM yang berada di daerah sehingga dapat meningkat kualitas produknya dan menjadi aggregator juga di komunitasnya untuk memperluas dampak ekonomi dan sosial,” ujar VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Muhammad Baron.
Baca Juga: Hadir di COP30, Pertamina Catat Transaksi Kredit Karbon Capai 37 Ribu Ton C02e dari PLTP dan PLTBg
Pelatihan menghadirkan Priyo Pamungkas, CFO Rumah BUMN Purbalingga, yang membagikan strategi praktis pemanfaatan sistem affiliate marketing sebagai kanal promosi efektif bagi UMKM, serta Syukra Mulia Rizki, Sales Branch Manager Kalimantan Selatan IV Gas, yang memperkenalkan produk Bright Gas dan pentingnya penggunaan energi yang aman dan efisien dalam kegiatan usaha.
"Kegiatan ini menjadi momentum bagi UMKM untuk mengoptimalkan teknologi digital sebagai sarana pengembangan usaha. Sekarang UMKM bisa belajar dan menerapkan strategi ini untuk meningkatkan omzet. Ini langkah nyata kami dalam mendorong digitalisasi dan kemandirian UMKM,” Ulil Amri CEO Rumah BUMN Pertamina Banjarmasin.
Sesi pelatihan berjalan interaktif, para peserta mempelajari langkah-langkah praktis dalam mendaftar, memilih produk, serta mempromosikannya secara daring untuk mendapatkan komisi. Lebih dari 50 UMKM terlibat aktif dalam diskusi, menunjukkan semangat tinggi untuk memperluas pasar dan memanfaatkan peluang ekonomi digital.
Baron menambahkan, kolaborasi semacam ini sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan 8 (Decent Work and Economic Growth) dan 9 (Industry, Innovation and Infrastructure), serta mendukung Asta Cita ke-6 pemerintah tentang pemerataan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan.
"Dengan sinergi antara unit bisnis dan program sosial perusahaan, Pertamina terus menghadirkan solusi nyata bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat dan penguatan ekosistem UMKM nasional," tutup Baron.
Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Advertisement