Kredit Foto: Dok. BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menegaskan komitmennya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif lewat partisipasinya di Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2025. Kegiatan yang berlangsung pada 6–10 November 2025 di Selecta, Kota Batu, serta sejumlah titik di Malang Raya ini menjadi panggung penting bagi pelaku kreatif dari berbagai daerah.
Direktur Commercial Banking BNI, Muhammad Iqbal, menyebut keterlibatan BNI di ICCF 2025 sebagai wujud komitmen bank dalam memperkuat ekosistem kreatif nasional. "BNI melihat industri kreatif sebagai motor baru pertumbuhan ekonomi nasional. Melalui kolaborasi lintas sektor seperti ICCF, kami ingin memperkuat jejaring pelaku kreatif dari tingkat lokal hingga global," ujarnya.
Festival tahun ini mengusung tema “Nusantaraya – Senyawa Malang Raya”, yang menekankan semangat kolaborasi lintas budaya, daerah, dan generasi. ICCF 2025 menjadi ruang berkumpulnya ide, inovasi, serta perayaan keragaman kreativitas Indonesia yang terus tumbuh.
Baca Juga: Perluas Akses Pembiayaan, BNI Dorong UMKM Perumahan Tumbuh Berkelanjutan
Iqbal menegaskan, kehadiran BNI di ajang ini merupakan bagian dari strategi berkelanjutan perseroan untuk meningkatkan kapasitas serta daya saing pelaku industri kreatif dan UMKM, terutama agar lebih siap menembus pasar global. Melalui pendekatan ekosistem, BNI memberikan dukungan menyeluruh mulai dari akses pembiayaan, layanan digital, hingga pendampingan usaha yang selaras dengan program pemerintah dan komunitas kreatif.
Pada sesi panel yang berlangsung Sabtu, 8 November 2025, pihak BNI diwakili oleh Division Head SME Business BNI Faizal Isnaeni, memaparkan bentuk nyata dukungan perusahaan terhadap komunitas kreatif di Jawa Timur. BNI tercatat telah menyalurkan KUR untuk industri animasi, film, dan programming di KEK Singhasari, mendukung pembangunan studio kreatif hingga pembiayaan modal kerja.
Selain itu, BNI juga menggerakkan program Xpora, yang membantu UMKM dan pelaku kreatif lokal menembus pasar global melalui pelatihan ekspor, pendampingan, akses pasar lewat sembilan Kantor Luar Negeri BNI, serta layanan digital seperti Wondr by BNI, BNI Direct, dan TapCash.
Baca Juga: BNI Salurkan Rp40,7 Miliar Kredit Perumahan hingga Oktober 2025
Dengan berbagai dukungan tersebut, BNI menegaskan perannya sebagai mitra strategis bagi UMKM dan pelaku industri kreatif, tidak hanya dalam memperkuat pasar domestik, tetapi juga dalam membawa produk dan karya kreatif Indonesia ke kancah internasional.
"BNI ingin memastikan bahwa pelaku kreatif Indonesia memiliki akses yang lebih luas terhadap pembiayaan, literasi keuangan, dan pasar internasional. Inilah bagian dari peran BNI untuk membawa semangat kreativitas Nusantara ke tingkat dunia," tandas Iqbal.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Advertisement