Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

SiteMinder Kelola 130 Juta Booking Bisnis Hospitality, Revenue Tembus USD 55 Miliar

SiteMinder Kelola 130 Juta Booking Bisnis Hospitality, Revenue Tembus USD 55 Miliar Kredit Foto: Ida Umy Rasyidah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform teknologi global SiteMinder disebut berperan signifikan dalam mendorong pendapatan hotel melalui optimalisasi reservasi dan integrasi ekosistem digital. 

Informasi ini disampaikan Regional Sales Manager Indonesia, Fifin Prapmasari, dalam acara The Launch of SiteMinder’s Changing Traveller Report 2026 yang digelar untuk memaparkan tren perilaku wisatawan dan proyeksi industri perhotelan.

Pada pemaparannya, Fifin menjelaskan bahwa SiteMinder berfungsi sebagai sistem yang membantu hotel meningkatkan pendapatan sekaligus efisiensi operasional. 

“SiteMinder itu adalah salah satu sistem yang digunakan untuk yang pertama itu bisa membantu hotel itu untuk meningkatkan revenue, meningkatkan pendapatan. Kemudian di sini juga membantu secara operasional dari sisi reservasi ya, jadi kalau misalnya booking, manajemen hal-hal yang seperti itu, itu SiteMinder punya capability,” ujar Fifin, Kamis (20/11/2025).

Baca Juga: Tingkat Penghunian Kamar Hotel di Indonesia Turun, Bali dan Jakarta Paling 'Mendingan'

Menurut Fifin, SiteMinder tidak hanya beroperasi sebagai platform berbasis cloud, tetapi juga menyajikan data kredibel yang dapat menjadi dasar pengambilan keputusan bagi pelaku industri perhotelan. 

“Kita juga di sini memiliki informasi yang sangat credible tentunya, dan di sini kita mengharapkan informasi yang kita sampaikan di sini itu bisa memberi lebih banyak wawasan dan informasi untuk 2026 yang datang,” kata Fifin.

Ia menambahkan bahwa platform tersebut menjadi salah satu sistem teknologi yang diandalkan hotel secara global. 

“Sejauh ini kita bisa bilang bahwa SiteMinder ini adalah suatu, apa ya, kalau kita bisa bilang leading dalam industri untuk hospitality, dalam sistem teknologinya,” ujarnya.

Baca Juga: Red Planet (PSKT) Tutup Sementara Hotel Pusako Bukittinggi, Ini Alasannya

Mengutip dari data yang dipaparkan Fifin, SiteMinder tercatat memproses sekitar 130 juta pemesanan setiap tahun melalui sistemnya. 

Dari jumlah tersebut, nilai transaksi yang dihasilkan mencapai sekitar USD 55 miliar. 

Selain itu, ekosistem platform ini terhubung dengan berbagai mitra global seperti Google, Trip.com, Agoda, dan Booking.com, yang memperluas jangkauan hotel dalam menarik tamu.

Secara global, SiteMinder melayani lebih dari 50 ribu pelanggan yang tersebar di 150 negara. Dengan kemampuan integrasi dan cakupan ekosistem yang luas, platform ini digunakan hotel untuk memaksimalkan eksposur, mengefisiensikan pengelolaan reservasi, dan meningkatkan pendapatan tahunan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ida Umy Rasyidah
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: