Kredit Foto: Azka Elfriza
Oona Insurance Indonesia mencatat lonjakan lebih dari 400% dalam pembelian asuransi perjalanan internasional sepanjang Januari hingga Oktober 2025, menjadikannya sinyal kuat bahwa konsumen semakin memprioritaskan proteksi meski aktivitas wisata ke luar negeri menurun.
Selain itu, tercatat berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan nasional yang bepergian ke luar negeri pada Juli 2025 justru turun 5,24% secara tahunan.
Adanya perubahan ini menandai pergeseran perilaku konsumen menuju perlindungan risiko perjalanan sebagai kebutuhan utama.
Salah satu pemicunya adalah peningkatan permintaan liburan akhir tahun, saat banyak masyarakat yang mulai merencanakan perjalanan ke luar negeri dan membeli asuransi sebagai proteksi demi mitigasi risiko.
Baca Juga: Laba Oona Insurance Melonjak 67%, Ini Rahasianya!
Bahkan, konsumen tidak hanya mencari opsi yang paling murah, tetapi juga memilih perlindungan yang lebih komprehensif untuk mengantisipasi potensi kendala selama perjalanan.
Tercatat, negara tujuan yang berkontribusi besar terhadap kenaikan permintaan meliputi negara-negara anggota Schengen di Eropa, Jepang, Singapura, dan Malaysia.
Dengan adanya kebutuhan wisatawan yang semakin beragam rupanya mendorong penyesuaian produk-produk Oona agar dapat digunakan baik untuk perjalanan domestik maupun internasional. Selain itu, preferensi terhadap perjalanan jarak jauh juga membuat kebutuhan akan asuransi lebih menonjol di periode akhir tahun.
Adapun cakupan proteksi yang diberikan asuransi perjalanan internasional mencakup berbagai komponen utama, seperti biaya medis darurat, keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, serta pembatalan perjalanan.
Ketersediaan perlindungan ini menjadi alasan banyak wisatawan memasukkan asuransi ke dalam anggaran perjalanan, terutama untuk menghindari beban biaya tak terduga.
Dengan adanya kerja sama Oona dan VFS Global turut mempermudah pemohon visa Schengen untuk membeli asuransi langsung di pusat pengajuan visa.
Baca Juga: Penuhi Aturan OJK, Oona Gandeng Pihak Ketiga Bentuk Dewan Penasihat Medis
Integrasi layanan tersebut membuat pembelian polis menjadi lebih praktis dan mendorong kenaikan permintaan dari pelancong yang menuju Eropa.
Chief Marketing Officer Oona Insurance Indonesia, Prashant Shetty, menegaskan komitmen perusahaan dalam menjawab kebutuhan pelanggan.
“Menjelang puncak musim liburan, kami memiliki tujuan yang sederhana, yakni membantu masyarakat Indonesia untuk bepergian dengan penuh rasa percaya diri,” ujarnya.
“Kami ingin pelanggan fokus pada pengalaman, bukan kekhawatiran. Perlindungan yang andal menjadi kunci perjalanan yang nyaman," lanjutnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Azka Elfriza
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement