BRI Dorong Perekonomian Lokal, Dukung UMKM Kuliner dalam 'Jelajah Kuliner Indonesia' 2025 di Medan
Kredit Foto: Istimewa
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dukungan ini diwujudkan melalui partisipasi pada Bazaar UMKM Tahun 2025 bertajuk "Jelajah Kuliner Indonesia" yang diselenggarakan di Kota Medan. Acara ini merupakan inisiatif dari Badan Pengatur BUMN dengan tujuan utama memperluas akses pasar bagi UMKM dan mempromosikan berbagai produk kuliner unggulan dari seluruh Indonesia.
Bazaar ini diadakan selama tiga hari, yaitu dari Jumat hingga Minggu, 14–16 November 2025, bertempat di Lapangan Benteng Kota Medan. Penyelenggaraan acara ini dianggap sebagai program strategis yang selaras dengan agenda transformasi BUMN, khususnya dalam aspek perluasan inklusi ekonomi dan penguatan peran UMKM. Sektor kuliner menjadi fokus utama karena potensinya yang besar, ditandai dengan daya serap tenaga kerja yang tinggi, laju pertumbuhan usaha yang cepat, serta peluang pengembangan bisnis yang luas.
Mengusung tema "Jelajahi Rasa, Rayakan Budaya, Dukung UMKM Indonesia" gelaran Jelajah Kuliner Indonesia di Medan diharapkan menjadi katalisator penting. Acara ini bertujuan untuk menonjolkan potensi yang dimiliki oleh UMKM lokal, memperkuat ekosistem ekonomi di daerah tersebut, serta menciptakan platform bagi para pelaku usaha untuk berkembang, menjalin jaringan bisnis, dan berinteraksi dalam kompetisi yang konstruktif.
Corporate Secretary BRI Dhanny mengungkapkan bahwa penyelenggaraan ini menjadi bentuk dukungan nyata BRI dalam memperluas akses pemasaran UMKM sekaligus mendorong digitalisasi usaha melalui pemanfaatan platform PaDi UMKM.
“Kami berharap kegiatan ini menjadi sarana bagi para UMKM utamanya usaha kuliner untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan kualitas produk, serta memperkenalkan kuliner terbaik Sumatera Utara ke kancah nasional,” ujarnya.
Sebagaimana diketahui, rangkaian Jelajah Kuliner Indonesia 2025 terdiri dari Pra Event dan Main Event. Pra Event sendiri telah digelar pada 29 Agustus 2025 di Rumah BUMN Medan dengan mengusung edisi hortikultura bertema “Integrasi Supply Chain Management dan Digital Marketing melalui Budaya Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnis.” Melalui kegiatan tersebut, peserta mendapatkan pembekalan terkait manajemen rantai pasok, strategi pemasaran digital untuk produk hortikultura, hingga praktik pembuatan dried fruits. Acara ini diikuti oleh 30 UMKM binaan Rumah BUMN.
Baca Juga: Dukung Sektor Produktif Berdaya Saing, BRI Perkuat Transformasi Teknologi UMKM Lewat PRABU Expo 2025
Sementara itu, pada kegiatan kedua yakni Main Event Jelajah Kuliner Indonesia 2025, diketahui sebanyak 80 UMKM kategori ready-to-eat dan snack turut berpartisipasi langsung selama tiga hari penyelenggaraan. Ajang ini juga diramaikan dengan berbagai agenda menarik seperti festival makanan, talkshow, stand-up comedy, workshop, cooking class, lomba kuliner, kids zone, hingga sesi poundfit. Suasana semakin meriah berkat beragam doorprize yang dibagikan kepada para pengunjung.
Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM BP BUMN Loto Srinaita Ginting menyampaikan bahwa Jelajah Kuliner Indonesia 2025 merupakan wadah untuk memperkenalkan kekayaan kuliner Nusantara sekaligus mendorong UMKM agar naik kelas dan bertransformasi secara digital.
"Melalui dukungan BP BUMN, Danantara Indonesia dan BUMN pendukung serta kolaborasi lintas sektor yang dilakukan, kita ingin memperluas pasar dan menciptakan UMKM yang produktif di daerah. Kegiatan JKI 2025 ini juga sebagai upaya dalam mendukung Program Asta Cita Presiden Republik Indonesia sebagai bagian dari komitmen untuk mewujudkan visi “Bersama Indonesia Maju menuju Indonesia Emas 2045”," ujarnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement