BCA UMKM Fest 2025 Buktikan Kolaborasi Mampu Hasilkan Dampak Ekonomi Signifikan
Kredit Foto: BCA
BCA UMKM Fest 2025 yang digelar secara daring pada 1 Juli – 17 Agustus, dan luring pada 13 – 17 Agustus lalu membuktikan kolaborasi antara perbankan, teknologi, dan kreativitas pelaku UMKM mampu menghasilkan dampak ekonomi yang signifikan.
Dibanding tahun lalu, nilai penjualan dalam ajang ini tumbuh 19% menjadi Rp20,3 miliar dengan transaksi yang tercipta secara online dan offline mencapai 134.235, melejit 54,1%.
Baca Juga: Penawaran Khusus Bagi Nasabah BNI di wondr BrightUp Cup 2025
Kesuksesan acara yang diikuti sekitar 1.500 UMKM ini menjadi bukti nyata tingginya komitmen BCA dalam mendukung pertumbuhan UMKM sebagai salah satu pilar penting perekonomian Indonesia.
"Capaian pada BCA UMKM Fest 2025 membuktikan, bahwa ketika dukungan tepat diberikan, UMKM mampu menunjukkan potensi luar biasa. Kami berkomitmen terus menjadi fasilitator pertumbuhan UMKM," ucap EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, dikutip dari siaran pers BCA, Rabu (26/11).
Ada tiga kategori produk yang paling diminati pengunjung BCA UMKM Fest 2025, yakni makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, serta fesyen. Pelaksanaan acara secara hybrid terbukti efektif mendongkrak penjualan dan eksposur produk UMKM ke pasar yang luas. Terhitung ada 3 juta lebih pengunjung website BCA UMKM Fest dan para mitra pelaksanaan online, yaitu Grab indonesia dan Blibli.com. Jumlah tersebut naik 30% secara tahunan.
Tahun ini, BCA UMKM Fest memiliki program khusus bagi para pedagang bertajuk Merchant Appreciation Program. Ini adalah apresiasi bagi 5 pelaku usaha yang mencatatkan performa penjualan terbaik dari ajang online. Kelima pelaku UMKM yang mendapat apresiasi karena performa terbaik secara online adalah Kalimantan Mas, Cuit Baby Wear, Madu Dhatu, Adorable Projects, dan Alt.
Mayoritas pelaku UMKM yang terlibat dalam acara ini merupakan pengusaha produk lokal di bawah asuhan BCA Bangga Lokal. Acara ini juga diselenggarakan di 34 Kantor Cabang Utama (KCU) BCA di berbagai daerah. Pada acara offline yang berlangsung di Gandaria City Mall, BCA secara khusus menghadirkan booth Bakti BCA yang menjajakan berbagai produk karya desa-desa binaan perseroan di berbagai daerah.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Advertisement