Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

TelkomGroup Tambah Backup Satelit, Utamakan Pemulihan Infrastruktur Layanan Pasca Bencana di Sumatra

TelkomGroup Tambah Backup Satelit, Utamakan Pemulihan Infrastruktur Layanan Pasca Bencana di Sumatra Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengambil langkah proaktif dalam upaya tanggap darurat pascabencana alam tanah longsor dan banjir bandang di sejumlah wilayah Sumatra. Perusahaan memperluas dukungan konektivitas di titik-titik terdampak di Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Aceh. Tujuan dari langkah ini adalah untuk menjamin kebutuhan komunikasi masyarakat tetap dapat terpenuhi, terutama mengingat kondisi infrastruktur darat yang belum sepenuhnya normal.

Untuk memperkuat layanan komunikasi darurat, Telkom, melalui anak usahanya PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), menyalurkan layanan satelit Mangostar. Layanan ini diberikan kepada enam posko bencana yang tersebar di Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Aceh, yang berfungsi mendukung komunikasi para petugas, relawan, dan warga yang mengungsi. Penggunaan layanan ini menambah dukungan dari backup satelit dan IP radio yang sudah diaktifkan di lokasi-lokasi lain sebelumnya.

EVP Telkom Regional 1 (Sumatra), Dwi Pratomo Juniarto, menjelaskan bahwa dukungan tambahan ini sangat penting untuk mempercepat pemulihan layanan. "Situasi di lapangan masih cukup menantang bagi tim teknis TelkomGroup untuk melakukan pemulihan. Untuk itu, layanan satelit menjadi backup yang bisa diandalkan agar masyarakat tetap memiliki akses komunikasi,” ujar Dwi.

 Baca Juga: Telkomsel Salurkan Bantuan Sosial dan Percepatan Pemulihan Jaringan di Aceh, Sumut dan Sumbar

Sebagai bagian dari kepedulian kepada masyarakat terdampak, TelkomGroup menyalurkan bantuan sosial sembako di sejumlah titik bencana untuk mendukung kebutuhan dasar warga. Selain itu, TelkomGroup juga menyediakan akses WiFi gratis di 7 kantor Witel maupun STO, yakni kantor Witel Sumut dan lokasi posko, kantor Witel Banda Aceh, kantor STO Sigili, kantor Witel Sibolga, kantor Witel Sumbar, dan kantor STO Talu agar masyarakat dapat tetap terhubung serta memperoleh informasi penting selama masa pemulihan.

Hingga saat ini progres perbaikan oleh tim teknis terus berlanjut, beberapa ruas jaringan fiber optic serta beberapa titik STO telah pulih dan aktif kembali. TelkomGroup menargetkan pemulihan permanen di lokasi Sumatra Barat pada akhir bulan November, sementara untuk wilayah Aceh dan Sumatra Utara pada akhir minggu pertama bulan Desember.

TelkomGroup senantiasa berkomitmen untuk mempercepat pemulihan konektivitas di seluruh wilayah terdampak. Setiap personil tim teknis berupaya untuk melakukan pemulihan infrastruktur dengan memastikan aspek keselamatan kerja tetap menjadi prioritas. Dengan tambahan backup satelit ini, TelkomGroup berupaya maksimal agar masyarakat dapat tetap terhubung dalam situasi krisis. Untuk informasi terkait progress pemulihan jaringan, kantor layanan, dan informasi pelanggan TelkomGroup, hubungi hotline 0800-111-9000.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: