Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gubernur Sumbar Apresiasi Langkah Cepat PLN, Pemulihan Listrik Pascabencana Capai 99,8 Persen

Gubernur Sumbar Apresiasi Langkah Cepat PLN, Pemulihan Listrik Pascabencana Capai 99,8 Persen Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Sumatera Barat -

PT PLN (Persero) terus melaksanakan percepatan penormalan jaringan listrik pascabencana di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Di Sumatera Barat, kerja keras tim PLN di lapangan menunjukkan kemajuan yang sangat berarti, terbukti dari tingkat penyalaan pelanggan yang sudah mencapai 99,8 persen per hari Selasa, 2 Desember. Keberhasilan upaya ini mendapatkan apresiasi secara langsung dari Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah.

Gubernur Mahyeldi menyampaikan bahwa langkah sigap yang diambil PLN sangat membantu proses percepatan pemulihan kelistrikan di berbagai area yang terdampak. Berkat pulihnya pasokan listrik, aktivitas rutin masyarakat di wilayah tersebut secara bertahap dapat kembali berjalan normal.

 “InsyaAllah sistem kelistrikan ini akan clear semuanya sehingga seluruh daerah sudah tersambung, listrik sudah bisa dinikmati oleh masyarakat, dan aktivitas bisa berjalan seperti biasa,”  ujar Mahyeldi pada saat kunjungan Direksi PLN, Senin (1/12).

Baca Juga: Bangun Masa Depan Hijau, PLN UIP JBT Tanam Ribuan Bibit Mangrove dan Pohon Produktif di Dua Provinsi

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa pemulihan jaringan menjadi prioritas utama PLN dengan menurunkan seluruh sumber daya yang tersedia.

“Kami terus bekerja 24 jam di lapangan untuk memastikan semua titik terdampak segera mendapatkan suplai listrik kembali. Fokus kami satu, masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan normal secepat mungkin,” ungkap Darmawan.

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat, Ajrun Karim, menyampaikan bahwa capaian ini terwujud berkat kerja bersama berbagai pemangku kepentingan.

“Pemulihan kelistrikan ini adalah buah dari kolaborasi lintas instansi. Dukungan pemerintah daerah, BPBD, TNI/Polri, dan para pemangku kepentingan lainnya mempercepat stabilisasi kelistrikan di Sumatra Barat,” ujar Ajrun.

Ajrun merinci dari total 270.148 pelanggan yang sempat terdampak padam, listrik untuk 268.853 pelanggan telah berhasil dipulihkan. Saat ini tersisa 1.295 pelanggan yang masih dalam proses penormalan bertahap, menyesuaikan kondisi medan dan akses yang masih harus dipastikan aman bagi petugas.

Pihaknya berkomitmen untuk terus mengupayakan penormalan secepatnya, agar seluruh masyarakat di Sumatra Barat bisa kembali menikmati listrik.

 Baca Juga: Tingkatkan Keandalan Pembangkit, PLN IP Gandeng Wartsila untuk Dukungan Teknologi dan Pemeliharaan

Selain fokus pada pemulihan teknis, PLN juga menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui posko-posko bencana di wilayah terdampak.

“Kami tidak hanya hadir untuk memulihkan kelistrikan, tetapi juga memastikan masyarakat merasa terbantu. Bantuan berupa makanan siap saji, air bersih, selimut, obat-obatan, dan kebutuhan dasar lainnya kami distribusikan untuk meringankan beban warga,” tambah Ajrun.

PLN juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi bahaya kelistrikan pascabencana dan segera melaporkan kondisi jaringan yang berisiko melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center PLN 123.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: