- Home
- /
- New Economy
- /
- CSR
Lewat Program PRISMA, Peruri Bantu UMKM Berhasil Usaha di Platform Digital yang Kian Kompetitif
Kredit Foto: PERURI
Sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam memperkuat kapasitas digital masyarakat, PERURI menghadirkan program Peruri Literasi dan Edukasi Masyarakat Digital (PRISMA), sebuah inisiatif edukasi yang menjadi bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam meningkatkan literasi digital masyarakat, khususnya para pelaku UMKM. Kegiatan ini berlangsung di Melting Pop, M Bloc Space Jakarta pada Selasa (9/12) sebagai bentuk upaya PERURI untuk membantu UMKM beradaptasi dan bertumbuh secara aman di ruang digital melalui pemahaman teknologi yang lebih cerdas, etis, dan bertanggung jawab.
Tahun ini, PRISMA mengangkat tema “Secure Steps to Digital Success for Business Growth”, yang menegaskan pentingnya keamanan digital sebagai fondasi utama keberhasilan usaha di era digital. Tema tersebut dirancang untuk memperkuat kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi secara bijak, aman, dan efektif sehingga mampu meningkatkan daya saing mereka di pasar digital yang semakin kompetitif.
Kegiatan ini dibuka oleh POH Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL PERURI, Yahdi Lil Ihsan. Dalam sambutannya, ia menegaskan bahwa program PRISMA menjadi salah satu wujud nyata komitmen PERURI dalam mendorong kemajuan UMKM dan pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kapasitas digital. “Di era yang semakin terhubung, kita tidak hanya dituntut mampu menggunakan teknologi, tetapi juga bagaimana memanfaatkannya untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga keamanan data,” ujar Yahdi.
Program PRISMA menghadirkan tiga pembicara dari kalangan praktisi dan internal PERURI dengan cakupan materi yang komprehensif. Fajar Himawan, Livestream Specialist di sebuah perusahaan FMCG multinasional, membawakan materi seputar perilaku digital yang cerdas, keamanan digital, serta strategi konten dan perilaku aman dalam social commerce. Fajar memberikan pemahaman mendalam mengenai cara membangun kehadiran digital yang profesional sekaligus aman, khususnya bagi UMKM yang mengandalkan platform digital untuk berjualan dan berinteraksi dengan konsumen.
Selanjutnya, Agung Muhammad Reza atau dikenal sebagai goodlybetter, seorang entrepreneur, content creator, dan brand marketer, berbagi strategi pemasaran digital yang aplikatif bagi UMKM. Agung memaparkan bagaimana storytelling yang tepat dapat meningkatkan daya tarik sebuah brand, bagaimana marketplace dimaksimalkan sebagai kanal penjualan, serta bagaimana UMKM dapat membangun identitas merek yang kuat dan relevan. Pendekatan Agung menekankan bahwa pemasaran digital yang efektif tidak selalu memerlukan biaya besar, tetapi membutuhkan konsistensi, cerita yang kuat, dan pemahaman pasar.
Sesi terakhir disampaikan oleh Holongan Simanjuntak, Coordinator of Channel Management PERURI, yang memperkenalkan rangkaian inovasi dan produk digital PERURI yang berperan penting dalam menjaga keamanan identitas digital masyarakat dan pelaku usaha. Holongan menjelaskan bagaimana layanan seperti sertifikat elektronik, tanda tangan digital, dan sistem autentikasi lain dapat membantu UMKM mengamankan transaksi, melindungi data bisnis, serta meningkatkan kredibilitas mereka di dunia digital. Materi ini mempertegas kontribusi PERURI sebagai perusahaan teknologi high security yang mendukung ekosistem ekonomi digital Indonesia.
Pelaksanaan PRISMA dirancang sebagai pelatihan interaktif satu hari yang menggabungkan studi kasus, sesi dialog, dan paparan materi aplikatif. Metode ini memastikan peserta tidak hanya memahami konsep-konsep digital, namun juga mampu mengidentifikasi risiko siber, menjaga keamanan data, mengelola bisnis online secara efektif, dan memperluas jangkauan pemasaran dengan cara yang aman dan berkelanjutan.
Hingga tahun 2025, PRISMA telah berhasil menggandeng lebih dari 100 UMKM dari berbagai wilayah Jabodetabek, dan dalam tiga tahun terakhir PERURI secara konsisten menyelenggarakan program literasi serta edukasi digital sebagai wujud komitmen perusahaan dalam membangun masyarakat yang lebih siap, terlindungi, dan berdaya di era digital.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement