- Home
- /
- New Economy
- /
- CSR
TelkomGroup Aktifkan 13 Titik Internet Satelit guna Dukung Pemulihan Pasca-Bencana di Sumatra
Kredit Foto: Istimewa
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) beserta seluruh jajaran anak perusahaannya dalam TelkomGroup terus konsisten menjalankan prosedur tanggap darurat pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor di wilayah Sumatra. Meski musibah tersebut telah berlangsung lebih dari dua pekan, perusahaan tetap aktif di lapangan guna memastikan langkah penanganan dampak bencana berjalan secara berkesinambungan di area-area terdampak.
Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), TelkomGroup mendistribusikan bantuan bagi warga di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Bantuan tersebut difokuskan pada dua aspek utama, yakni penyediaan akses konektivitas digital dan bantuan logistik kemanusiaan. Proses penyaluran ini dilakukan secara bertahap dan terus disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan para pengungsi serta ketersediaan stok logistik yang ada.
Hingga Senin (15/12), total bantuan yang telah disalurkan oleh TelkomGroup tercatat mencapai Rp2,311 miliar. Agar bantuan tersebut tepat sasaran dan menjangkau wilayah terisolasi, perusahaan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, BPBD, tokoh masyarakat, hingga relawan di berbagai posko pengungsian. Sinergi ini bertujuan untuk memastikan pemerataan distribusi bantuan mulai dari layanan kesehatan hingga kebutuhan harian masyarakat.
Distribusi bantuan kemanusiaan dan logistik berupa bahan makanan sembako, obat-obatan, logistik, pakaian layak pakai, hingga pembangunan dapur umum saat ini tercatat telah dimanfaatkan oleh lebih dari 25 lokasi dan titik pengungsian yang tersebar di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.
Baca Juga: Telkom dan CCSI Jalin Kerja Sama Bangun Jaringan Kabel Laut SKKL SUB-2 Ruas Gresik-Makassar-Takisung
Selain bantuan logistik, TelkomGroup juga menghadirkan dukungan konektivitas digital melalui penyediaan internet satelit dari PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) sejak terjadinya bencana. Layanan internet satelit Telkomsat dipasang di 13 lokasi terdampak, yang terdiri dari 6 titik lokasi di Aceh, 5 lokasi di Sumatra Utara, dan 2 lokasi di Sumatra Barat.
Penyebaran titik pusat konektivitas darurat yang didukung oleh satelit Telkomsat difokuskan dengan prioritas wilayah terdampak yang membutuhkan dukungan konektivitas lebih tinggi. Kehadiran layanan internet satelit ini ditujukan untuk mendukung koordinasi penanganan bencana, operasional posko pengungsian, serta kelancaran komunikasi bagi seluruh masyarakat, relawan, dan pihak lainnya.
“Penanganan bencana membutuhkan dukungan lintas fungsi yang bergerak cepat dan terkoordinasi. Dari sisi infrastruktur jaringan, Telkom memastikan konektivitas tetap tersedia untuk mendukung operasional posko, komunikasi antar relawan, serta layanan publik di wilayah terdampak. Penyediaan internet satelit dari Telkomsat di lokasi-lokasi prioritas menjadi bagian dari upaya kami agar proses recovery yang dilakukan TelkomGroup lebih efektif dan tentunya kebutuhan komunikasi masyarakat tetap dapat terpenuhi di tengah masa pemulihan,” ujar Direktur Network Telkom Nanang Hendarno.
TelkomGroup juga menyediakan layanan akses internet gratis yang tersebar di tujuh titik posko bencana meliputi Kantor Wilayah Telkom Sumut, Kantor Wilayah Telkom Banda Aceh, Pusat Layanan Telkom Sigili, Kantor Wilayah Telkom Sibolga, Kantor Wilayah Telkom Sumbar, dan Pusat Layanan Telkom Talu, dengan mempertimbangkan lokasi posko di titik strategis.
Baca Juga: Jaga Layanan Digital NATARU 2025/2026, TelkomGroup Kerahkan 13.700 Personel Siaga 24/7
Sebagai bentuk sinergi TelkomGroup dan instansi, dukungan konektivitas turut disediakan di lokasi Pemprov Aceh-Sumut serta Diskominfo setempat guna memastikan kelancaran posko pemda. Layanan posko internet gratis akan terus dioperasikan secara optimal untuk mendukung kebutuhan komunikasi warga terdampak, relawan, serta pemangku kepentingan dalam koordinasi penanganan bencana.
Sejalan, SGM Social Responsibility Telkom Hery Susanto mengatakan, “Hadirnya TelkomGroup dalam situasi darurat bukan hanya soal mengirimkan bantuan, tetapi memastikan masyarakat terdampak bisa kembali bangkit dengan dukungan yang tepat. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan, kami memiliki tanggung jawab untuk turut menjaga ketangguhan masyarakat. Teknologi dan kepedulian sosial harus berjalan beriringan, karena keberlanjutan tidak hanya berbicara tentang lingkungan, tetapi juga kemampuan masyarakat untuk pulih dari bencana. Kami berharap kolaborasi lintas pihak dapat mempercepat pemulihan di wilayah terdampak,” ujar Hery.
Bantuan ini merupakan bagian dari implementasi program TJSL TelkomGroup untuk mendukung percepatan pemulihan pasca bencana dan situasi tanggap darurat. Di samping itu, upaya pemulihan layanan telekomunikasi terus dilakukan secara bertahap dengan fokus percepatan recovery layanan saat ini diarahkan ke wilayah Aceh. Tim teknis TelkomGroup bekerja 24/7 untuk memperbaiki infrastruktur yang terdampak, menormalkan jaringan, serta memperkuat konektivitas darurat di area prioritas. Melalui sinergi antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat, TelkomGroup berkomitmen menghadirkan aksi kemanusiaan yang relevan, nyata, dan berkelanjutan bagi warga terdampak bencana.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement