Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinar Mas Group Gelar Pengobatan Gratis untuk Korban Asap Riau

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta- Sinar Mas Group menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis Peduli Kabut Asap Riau bagi warga sekitar yang terkena gangguan akibat bencana kabut asap itu.

"Kami turut merasakan kesulitan yang dialami warga Riau akibat musibah asap ini, karenanya kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis," ujar Direktur Asia Pulp and Paper (APP) Suhendra Wiriadinata melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Suhendra menjelaskan, program Peduli Kabut Asap Riau ini ditangani oleh tim medis dari RS Eka Hospital. Turut terlibat pula dalam program ini Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Daerah Riau, dan Satuan Tugas Penanggulangan Kabut Asap.

Kegiatan ini dilaksanakan di empat titik pada tanggal 20-26 Maret. Adapun lokasi pengobatan gratis itu adalah Rumah Pintar Perawang dan Desa Sungai Limau di Kabupaten Siak, Desa Api-api Kabupaten Bengkalis, dan Desa Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.

Di masing-masing titik akan dibangun pos pelayanan untuk melayani sekitar 1.400 calon pasien, atau sekitar 5.600 pasien di semua titik. Di tiap titik akan ditempatkan dua dokter dan dua perawat serta petugas farmasi.

"Pemilihan lokasi ini merujuk pada tingginya angka penderita ISPA di wilayah tersebut," ujarnya.

Menurut Suhendra kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau pada tahun ini merupakan paling buruk sejak tiga tahun terakhir.

Akibat lingkungan yang berasap, kemampuan kerja paru-paru berkurang dan menyebabkan kesulitan bernapas. Kemampuan paru-paru untuk menangkal infeksi juga menurun hingga penyakit mudah hinggap.

Lebih jauh asap akan memperburuk penyakit yang ada seperti asma, bronchitis, penyakit paru-paru obstruktif, kronik dan penyakit jantung kronik.

Hal lain yang dipicu dari kepungan asap adalah iritasi mata, hidung, tenggorokan, memacu reaksi alergi, dan tentu saja ISPA.

Menurut situs Badan Nasional Penanggulan Bencana yang mengutip data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, penderita ISPA meningkat pesat dari 18.893 orang pada 26 Februari menjadi 43.463 orang pada 12 Maret.

"Daerah yang paling banyak menderita ISPA di antaranya adalah Kabupaten Siak, Bengkalis dan Pelalawan," katanya.

Suhendra menambahkan, APP dan SMF juga aktif menyebarkan masker gratis di berbagai tempat di Riau. Dalam kurun waktu sebulan dari Februari 2014, puluhan ribu masker telah diberikan untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari asap kebakaran hutan.

"Kami berharap pemeriksaan dan pengobatan gratis ini dapat meringankan beban saudara-saudara kami di Riau," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Arif Hatta

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: