Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Lada Putih di Pangkal Pinang Tembus Angka Rp 118 Ribu/kg

Warta Ekonomi -

WE Online, Pangkal Pinang - Harga lada putih di tingkat pedagang pengumpul di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menembus angka  Rp 118 ribu per kilogram atau naik dibanding sebelumnya Rp 110 ribu karena permintaan komoditas tersebut meningkat.

"Kenaikan harga komoditas ini karena permintaan negara tujuan ekspor meningkat, sementara pasokan lada dari petani kurang," kata pedagang pengumpul lada putih Ellan di Pangkal Pinang, Minggu (30/3/2014).

Ellan menjelaskan kenaikan harga lada putih tidak mempengaruhi transaksi yang masih sepi karena petani belum memasuki masa panen. Ia juga memperkirakan harga lada putih akan terus mengalami kenaikan karena permintaan pasar nasional dan internasional yang terus meningkat dan tidak sebanding dengan hasil petani yang masih kurang.

"Dalam beberapa tahun terakhir hasil lada putih Babel mengalami penurunan karena minat petani mengembangkan komoditas ini berkurang dan mereka lebih tertarik mengembangkan komoditas lainnya seperti karet, kakao, atau menambang bijih timah karena lebih mudah dan cepat menghasilkan uang," ujarnya.

Sementara itu, pedagang lada putih lain Yadi menambahkan kenaikan harga belum mempengaruhi transaksi yang justru semakin berkurang. (Ant)

Foto: citraindonesia.com

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: