Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Iran Kembali Jalin Kerja Sama dengan Peugeot

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Produsen mobil asal Perancis Peugeot menyediakan €427 juta untuk keringanan utang, bonus, dan diskon dalam kesepakatan pasca-sanksi dengan Iran Khodro, perusahaan otomotif asal Iran. Demikian dikutip dari laman Channel NewsAsia di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Iran Khodro menandatangani kesepakatan dengan Peugeot saat perjalanan Presiden Hassan Rouhani ke Prancis pada bulan Januari lalu guna membentuk perusahaan joint venture yang diharapkan dapat berinvestasi hingga  US$ 436 juta selama lima tahun.

Terkait kesepakatan tersebut, Peugeot menjadi produsen mobil barat pertama yang menjalin kerja sama kembali dengan Iran setelah sanksi ekonomi terhadap Iran dicabut.

"Peugeot telah setuju untuk membebaskan utang Iran sebesar €80 juta dan menyediakan suku cadang mobil gratis senilai €25 juta serta produksi gratis untuk merek Peugeot 207 senilai €11 juta," kata CEO Iran Khodro Hashem Yekkeh Zare.

Peugeot juga akan menawarkan diskon sebesar €311,6 juta, termasuk royalti €140 juta untuk mobil yang dibuat di bawah nama Peugeot. Sebagai bagian dari kesepakatan, Peugeot dan mitra Perancis Citroen akan bekerja dengan Iran Khodro untuk menghasilkan 200.000 kendaraan selama satu tahun dengan menggunakan suku cadang yang diproduksi di Iran.

Bisnis joint venture ini akan mengekspor 30 persen kendaraan dari total produksi dan sisanya akan dijual di pasar domestik. Juru bicara Peugeot Olivier Salmon mengatakan bahwa kesepakatan dengan Iran Khodro adalah "kesepakatan yang seimbang".

Yekkeh Zare menambahkan pembicaraan sedang dilakukan dengan Mercedes Benz dan Volkswagen Jerman serta produsen mobil Italia Fiat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: