Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pengiriman Smartwatch Anjlok di Kuartal III-2016

        Pengiriman Smartwatch Anjlok di Kuartal III-2016 Kredit Foto: Arif Hatta
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam sebuah laporan terbaru dari International Data Corporation (IDC), pengiriman smartwatch secara global mengalami penurunan tajam sebesar 51,6 persen secara tahunan (yoy).

        Apple Watch sejauh ini masih menjadi pemimpin pasar, namun hanya mengirimkan lebih dari satu juta unit pada kuartal ketiga 2016, turun 71,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2015 dengan pengiriman sebanyak 3,9 juta. Dari lima merek terkemuka, hanya Garmin yang menunjukkan pertumbuhan, namun dengan jumlah yang rendah.

        Garmin berada pada nomor dua dengan pengiriman 600.000 unit dengan pangsa pasar 20,5 persen, diikuti Samsung dengan pengiriman 400.000 unit dengan pangsa 14,4 persen, demikian menurut IDC. Namun, analis IDC Ramon Llamas mengatakan penurunan ini sebagian terjadi karena banyak pengguna masih menantikan iWatch generasi baru buatan Apple dan smartwatch Android terbaru.

        Llmas menambahkan keputusan Google mengundur peluncuran sistem operasional Android Wear 2.0 juga memicu penurunan penjualan.

        "Gear S3 buatan Samsung yang diumumkan di pameran dagang IFA pada September juga belum diluncurkan. Hal ini membuat penjual mengandalkan smartwatch generasi lama untuk memuaskan konsumen."

        Meskipun demikian, pasar menunjukkan pertumbuhan yang terbatas. "Hal ini juga menjadi jelas bahwa smartwatches tidak untuk semua orang," kata analis IDC Jitesh Ubrani, seperti dikutip dari laman BBC di Jakarta, Rabu?(26/10/2016).

        Apple telah memamerkan tampilan baru watchOS yang hadir di pasar saat peluncuran Apple Watch generasi kedua pada akhir September. Versi terbaru dari watchOS tersebut kini beralih sebagai perangkat kebugaran daripada aksesori fashion mewah.

        Versi baru tersebut merupakan edisi khusus dalam kemitraan dengan raksasa kebugaran Nike, yang dapat digunakan untuk melacak aktivitas renang. Apple Watch generasi kedua akan dijual pada Jumat 28 Oktober dan dibanderol seharga US$10.000.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Cahyo Prayogo

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: