Indonesia Berpotensi Jadi Pasar E-Commerce Terbesar di Asia Tenggara
Berdasarkan laporan yStats.com mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi negara yang sangat kuat penetrasi mobilenya sehingga sangat berpotensi menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara.
Pada 2014, telepon selular masyarakat Indonesia digunakan untuk mengakses web dan berbelanja online. Dalam tiga tahun ke depan, diramalkan pengguna smartphone di Indonesia mencapai 100 juta dan mendudukan Indonesia dalam posisi lima besar negara dengan jumlah pengguna ponsel pintar terbanyak dalam tiga tahun mendatang.
Berdasarkan surveui pula, benda-benda fashion masuk menjadi produk online paling banyak dibeli sepanjang 2016 dan sebagian besar pembayaran melalui transfer bank.? "Indonesia memiliki posisi khusus untuk menjadi pemimpin ritel online di Asia Tenggara," kata Richard Ireland, Managing Director Asia Clarion Events Pte Ltd.
Pasar internet di Asia Tenggara mengalami pertumbuhan tercepat di dunia dengan 260 juta pengguna pada 2016 dan diperkirakan akan mencapai 489 juta pada 2020. Sementara itu, terjadi pertumbuhan sebanyak 3,8 juta pengguna baru setiap bulannya dengan nilai 200 miliar Dollar AS pada 2025.
Berdasarkan data Google dan Temasek, tiga industri pendorong utama dalam e-commerce, media online baik iklan maupun game, dan perjalanan wisata.? "Dari tiga sektor tersebut e-commerce memiliki pertumbuhan tercepat dengan 32% setiap tahunnya," tutup Ireland.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Teti Purwanti
Editor: Sucipto
Tag Terkait: