Berangkat untuk memperbesar lini bisnisnya dengan menghadirkan berbagai inovasi, Blibli.com meluncurkan kategori produk travel online pada akhir 2016, yaitu Blibli Travel sebagai kategori khusus yang menjual produk travel di dalam Blibli.com. Sejak itu, travel online menjadi salah satu fokus pengembangan bisnis Blibli.com karena adanya pasar yang menjanjikan dimana statistik menunjukkan minat pembelian produk travel melalui online terus meningkat.
?Tiket.com memiliki track record bisnis yang bagus dimana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia, sama-sama berfokus pada kepuasan pelanggan dan dinilai konsisten dalam menjalankan bisnisnya. Di sisi lain kami juga melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket.com memiliki banyak kesamaan dengan Blibli.com yang diharapkan dapat memudahkan proses sinergi. Berdasarkan pertimbangan inilah kami mantap untuk melakukan akuisisi,? jelas CEO Blibli.com, Kusumo Martanto di Jakarta, Kamis (15/6/2017).
Tiket.com saat ini merupakan salah satu OTA yang memiliki inventaris terbesar untuk produk tiket, pesawat, hotel, kereta api, car rental serta tiket konser, bekerja sama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan internasional dan domestik, dan bekerja sama dengan dengan ribuan hotel domestik dan international. Sedangkan Blibli Travel yang baru saja dikembangkan akhir tahun lalu telah memiliki lebih dari 1.000 varian produk travel, seperti tiket kereta api, voucher hotel hingga tiket hiburan dan lifestyle.
Blibli.com sebagai e-commerce juga bermitra dengan pilihan bank terbanyak untuk program cicilan 0% dan juga menyediakan semua tipe pembayaran bagi konsumen. Dengan adanya akuisisi ini tentunya akan menjadikan Blibli.com sebagai sebuah group perusahaan e-commerce dengan pelayanan one-stop shop dan juga memberikan manfaat lebih bagi para pelanggan.
Sementara itu, Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com, Gaery Undarsa menjelaskan proses akuisisi telah dilakukan dari lima bulan lalu bersama dengan pihak Blibli.com. "Kami melihat ini akan membuka peluang sangat besar bagi Tiket.com untuk bertumbuh secara eksponensial baik dari rencana sinergi yang ada dan dari segi penetrasi pasar. Melihat potensi kedepannya dan banyaknya kesamaan dalam culture dan visi bisnis, kami sangat bersemangat untuk bergabung dalam keluarga Blibli.com,? ucap Gaery.
Blibli.com akan memberikan dukungan penuh untuk Tiket.com baik dari sisi share inventory, program penjualan, promosi termasuk penetrasi ke sosial media, serta memperkuat tim atau sumber daya manusia. ?Blibli.com optimis dari sisi bisnis akan terjadi pertumbuhan secara organik dan non-organik sebanyak 2,5 kali pada semester dua tahun ini," tutur Kusumo mengenai target yang ingin dicapai pada semester dua tahun ini.
?Dengan akuisisi ini, bisa membawa Blibli.com sebagai salah satu pemain OTA terbesar dan menjadi The only e-commerce B2C di Indonesia yang pertama kali memiliki kanal bisnis OTA yang didalamnya memiliki variasi produk travel terlengkap," imbuh Kusumo yang juga menjelaskan bahwa pendanaan akuisisi ini diambil dari sumber dana internal untuk pengembangan bisnis Blibli.com.
Kedepannya, tidak menutup kemungkinan Blibli.com akan berekspansi ke produk lain namun untuk waktu dekat, Blibli.com akan berkonsentrasi untuk mengembangkan kedua perusahaan e-commerce ini, sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan travel dan online shopping bagi konsumen domestik ataupun internasional.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi