Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Xiaomi Kirimkan 23 Juta Smartphone di Kuartal II-2017

        Xiaomi Kirimkan 23 Juta Smartphone di Kuartal II-2017 Kredit Foto: Min Won-Ki
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Co-founder dan CEO Xiaomi Lei Jun melaporkan Xiaomi mengirimkan 23.16 juta smartphone?pada kuartal II-2017 atau?meningkat 70% dari kuartal sebelumnya. Prestasi ini menandakan suatu perubahan besar dalam pertumbuhan Xiaomi.

        "Setelah dua tahun melakukan kalibrasi ulang internal, Xiaomi sekali lagi memasuki masa pertumbuhan pesat. Hal ini merupakan suatu pencapaian penting bagi Xiaomi di mana sampai hari ini belum ada perusahaan smartphone lain yang secara global berhasil melanjutkan kembali pertumbuhan setelah mengalami penurunan penjualan," kata Lei Jun di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

        Lei Jun menjelaskan pencapaian tinggi Xiaomi lantaran fokus untuk terus mengejar inovasi teknologi dan berjuang untuk memenuhi keunggulan operasional dengan pengguna. Dalam beberapa tahun belakang, Xiaomi secara konsisten meningkatkan investasi dalam riset dan pengembangan.

        "Xiaomi pun menuai hasil yang nyata dari investasi tersebut. Proses pemulihan dalam perusahaan berlanjut setelah mengalami satu tahun kemunduran di mana itu merupakan periode yang paling menantang dalam sejarah perusahaan ini," ujarnya.

        Ia mengatakan penjualan smartphone melambat saat Xiaomi berjuang dengan masalah supply yang turut menghambat rantai pasokan perusahaan ini selama beberapa bulan. Namun, imbuhnya, Xiaomi menggunakan waktu ini sebagai kesempatan untuk mengkalibrasi ulang banyak aspek dalam bisnis.

        "Hasil pengiriman Q2 mencerminkan perbaikan yang telah berhasil dilakukan sehubungan dengan pasokan produk Xiaomi," paparnya.

        Ia mengatakan bahwa dengan mengubah kualitas yang lebih tinggi ke model ritel baru Xiaomi berhasil mengintegrasikan ritel online dan offline. Sebagai sebuah perusahan internet, e-commerce merupakan bagian pokok dari strategi ritel Xiaomi. Xiaomi juga telah melihat perubahan besar dalam offline presence mereka.

        Hingga 7 Juli 2017, Xiaomi telah membuka 123 toko Mi Home di seluruh Tiongkok. Setiap toko yang dibuka mendapatkan respons yang baik. Berdasarkan perhitungan metrik penjualan, angka dari revenue per square foot yang telah dicapai Xiaomi saat ini memimpin di industri. Tidak berhenti di situ, pada hari Sabtu, 8 Juli 2017, Xiaomi membuka 14 toko lagi.

        Pertumbuhan eksplosif dalam bisnis global Xiaomi merupakan hasil dari investasi selama tiga tahun. Setelah tiga tahun melakukan investasi berkelanjutan pada bisnis global, tahun ini perusahaan berhasil mengulang sukses. Bisnis global Xiaomi mencapai pertumbuhan yang bukan hanya signifkan, tetapi melejit jauh dari tahun-tahun sebelumnya.

        Sementara itu, performance Xiaomi di India sangat menggembirakan di mana dalam semester pertama di tahun ini revenue di India meningkat sebesar 328% (year-on-year). Bahkan saat ini Xiaomi menduduki peringkat kedua dalam market share smartphone di India. Bukan hanya di India, Xiaomi pun menunjukkan hasil yang sangat baik di Indonesia, Rusia, Ukraina, dan beberapa negara lainnya.

        Lei Jun menjelaskan mengapa Xiaomi berhasil melanjutkan pertumbuhannya salah satunya terletak pada model bisnis dan nilai-nilai yang dimiliki oleh Xiaomi.

        "Xiaomi telah membuktikan ketahanan bisnis modelnya selama tujuh tahun terakhir, baik melalui pertumbuhan yang luar biasa di tahun-tahun awal, maupun kegigihannya dalam mengembalikan pertumbuhan setelah masa-masa kalibrasi ulang yang pernah dilaluinya," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Dina Kusumaningrum
        Editor: Cahyo Prayogo

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: