Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        1500 UKM Siap Go Online Bersama Kemenkominfo dan BLANJA.com

        1500 UKM Siap Go Online Bersama Kemenkominfo dan BLANJA.com Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kemenkominfo bekerjasama dengan BLANJA.com, Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA) dan Pemerintah Daerah mengadakan program bersinergi mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai ?The Digital Energy of Asia? dengan melakukan edukasi terhadap pelaku UKM Indonesia sebagai bentuk dukungan program pemerintah Road to 8 juta UKM pada tahun 2020,?

        Direktur Pemberdayaan Informatika, Septriana Tangkary, menyatakan Indonesia memiliki 57,9 juta pelaku UKM. Untuk itu, UKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja hampir 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada produk Domestik Bruto Nasional.

        Sebagai langkah awal dalam program tersebut, Kemenkominfo, idEA, dan BLANJA.com bersinergi untuk Satu Juta UKM Go Online melalui roadshow ke beberapa kota di Indonesia. Semarang, Tanjung Pandan Belitung, Cimahi, Bandung Barat, dan Jambi adalah kota-kota yang telah selesai melaksanaan ini. Dari ke-5 kota tersebut, sudah ada kurang lebih 1500 UKM lokal yang siap Go Online.

        Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia. Edukasi dan pelatihan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahan setempat.?

        ?Melalui sinergi Edukasi UKM Go Online ini, kami berharap UKM bukan hanya akan menjadi pedagang online akan tetapi juga pebisnis online, sehingga komitmen pemerintah dengan program 1 juta UKM dapat memberikan dampak yang optimal terhadap perekonomian daerah.? tambah Fikri selaku Vice President BLANJA.com.

        Sebagai marketplace hasil kolaborasi strategis Telkom Indonesia dan eBay, BLANJA.com dinilai menjadi platform online terbaik bagi ribuan UKM yang saat ini masih memiliki keterbatasan infrastruktur dalam memasarkan produk-produk mereka baik dalam skala nasional maupun Internasional.

        Mengusung tagline ?#BLANJAjemputUKM? untuk roadshow ini, BLANJA.com berharap UKM bisa #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia yang berpotensi besar untuk meningkatan ekonomi nasional.?

        ?Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Tak hanya itu, kami juga mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar produk mereka dapat bersaing.? Kata Fikri selaku Vice President BLANJA.com.

        Tak hanya itu, saat ini BLANJA.com sedang dalam tahap menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional.?

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Vicky Fadil
        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: