PT FWD Life Indonesia memperkenalkan inovasi terbaru yang dinamakan FWD MAX. Program customer engagement yang hadir layaknya seorang sahabat untuk membantu nasabah menikmati hidup tanpa batas dengan memberikan Support, Information, dan Protection (S-I-P). Program dengan fitur lengkap pertama di Indonesia ini diharapkan bisa mendukung dan membantu meningkatkan penetrasi asuransi.??
Direktur Utama FWD Life Choo Sin Fook menjelaskan bahwa FWD MAX akan memperkuat inovasi layanan dan penawaran untuk nasabah. "FWD Life mengerti kebutuhan masyarakat saat ini yang menginginkan layanan asuransi yang dapat memberikan lebih dari manfaat proteksi, namun juga menemani dalam setiap perjalanan hidup masyarakat sejalan dengan gaya hidup serta passion mereka," jelasnya di Jakarta, Selasa (23/1/2018).
Lebih lanjut dirinya mengatakan peluncuran program FWD MAX juga dilatarbelakangi adanya fenomena peningkatan kinerja yang positif, tidak sejalan dengan angka penetrasi dan utilitas asuransi yang saat ini masih cukup rendah. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukan sepanjang kuartal III 2017 pendapatan premi asuransi jiwa meningkat 20% (yoy) menjadi Rp139,27 triliun.?
Namun, penetrasi asuransi masih berada di angka 2,99% dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang lebih rendah dibandingkan beberapa negara lain di wilayah Asia seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand yang mencapai lebih dari 5%. Selain itu, riset Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2016 menunjukkan bahwa tingkat utilitas asuransi di Indonesia baru mencapai 11,81 persen.?
Artinya, dari 100 penduduk Indonesia, baru 11 orang yang mempunyai polis asuransi. "Kondisi tersebut adalah permasalahan bersama yang terjadi di industri dan kami berharap kehadiran FWD MAX merupakan salah satu solusi untuk mengatasi persoalan ke depan dalam upaya meningkatkan penetrasi dan inklusi keuangan di Indonesia," kata Choo.
Wakil Direktur Utama FWD Life Rudi Kamdani menambahkan, inovasi yang berbasis teknologi dapat mengakselerasi penetrasi asuransi jiwa di Indonesia, terlebih saat ini terjadi pergeseran gaya hidup generasi muda yang melek teknologi.
Menurut riset berbasis media sosial yang dilakukan terhadap generasi milennal selama dua bulan mulai 1 Desember 2015 sampai 31 Januari 2016 oleh lembaga independen Provetic, sebanyak 41% dari 7.809 perbincangan mengenai alasan utama menabung adalah untuk dapat mewujudkan passion mereka dengan membeli tiket konser serta rencana traveling mereka.
"FWD Life menangkap fenomena tersebut dan turut berperan aktif mendukung passion mereka dengan menghadirkan program FWD MAX sebagai program customer engagement yang komprehensif yang mengakomodir kebutuhan akan proteksi, informasi sampai dengan dukungan terhadap passion dari para nasabah, agen maupun masyarakat umum," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Fauziah Nurul Hidayah
Tag Terkait: