Amazon masih dalam pembicaraan awal dengan lembaga keuangan A.S. termasuk J.P. Morgan Chase untuk membantu meluncurkan produk seperti akun yang ditujukan untuk pelanggan mereka yang lebih muda, dan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank, The Wall Street Journal melaporkan pada hari Senin (5/3/2018).
Inilah langkah terakhir dari raksasa e-commerce untuk memecahkan salah satu hambatan terbesar dalam berbelanja di situs webnya yaitu: tidak adanya kartu kredit, sebagaimana dikutip dari CNBC, Selasa (6/3/2018).
Lebih dari seperempat rumah tangga A.S. tidak memiliki atau membatasi akses ke rekening giro dan tabungan. Rumah tangga yang tidak terikat dengan institusi bank tersebut sangat bergantung pada uang atau cek untuk mendanai pembelian mereka, membuat belanja online menjadi sulit. Sekitar 6 dari 10 konsumen yang tidak terikat dengan institusi bank memiliki smartphone, menurut Pew Charitable Trusts.
Bagi Amazon, kelompok pembeli ini semakin penting. Langganan perdana baru diratakan pada kuartal ketiga 2017, menurut analis Morgan Stanley. Survei lain oleh Piper Jaffray pada bulan Juni mengatakan bahwa 82 persen rumah tangga A.S. dengan pendapatan tahunan lebih dari $112.000 sudah menjadi anggota Perdana. Jangkauannya adalah yang terendah di antara yang menghasilkan kurang dari $41.000 setahun.
Sementara itu, generasi milenial juga semakin menghindari kartu kredit, karena mereka cenderung lebih tidak mempercayai institusi perbankan daripada pendahulunya. Tiga puluh tiga persen para milenials mengatakan mereka tidak membutuhkan rekening bank dalam lima tahun ke depan, menurut laporan Goldman Sachs tahun 2015.
Peritel online menghasilkan lebih banyak uang dengan mengajak pembeli melakukan pembelian secara berulang, bahkan dengan nilai dolar yang rendah, daripada pembeli yang berbelanja banyak namun hanya satu kali. Oleh karena itu, Amazon perlahan membangun basis produknya bagi pembeli berpenghasilan rendah. Musim panas yang lalu, Amazon meluncurkan layanan Perdana diskon untuk mereka yang terdaftar dalam Program Bantuan Nutrisi Suplemen Tambahan, yang biasa dikenal sebagai kupon makanan, dengan kartu EBT. Kartu transfer manfaat elektronik bekerja seperti kartu debet.
Upaya tersebut juga meningkatkan kemitraannya dengan 7-Eleven, yang telah menempatkan lokasi pengiriman "Amazon locker", sebuah layanan antar-jembut untuk pesanan dari Amazon.
Pada bulan November, diumumkan bahwa pembeli di toko 7-Eleven secara nasional dapat menyetor dana sebesar $15 dan sebanyak $500 ke akun Amazon melalui program "Amazon cash". Pembeli kemudian dapat menggunakan uang itu untuk berbelanja di Amazon. Hampir setengah dari populasi A.S. tinggal satu mil dari toko 7-Eleven.
"Kami merasa memiliki peluang pasar, bagaimana cara membuat inklusi digital bagi konsumen yang tidak dapat mengambil bagian dalam ekonomi digital. Amazon Cash adalah bagian dari strategi keseluruhan tersebut," ungkap Gurmeet Singh, chief digital officer dan chief information officer di 7-Eleven, mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara sebelumnya.
Amazon juga telah meluncurkan program serupa dengan CVS, Speedway, Sheetz dan toko lainnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo