Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ini 9 Strategi Bisnis Restoran

        Ini 9 Strategi Bisnis Restoran Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam berbisnis kuliner, khususnya restoran, yang perlu diperhatikan yaitu bukan hanya soal rasa, tetapi juga keunggulan produk, pelayanan, dan harga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh para pengusaha restoran.

        Urusan rasa, itu sudah menjadi hal mutlak. Kemudian, keunggulan lain yang harus ditonjolkan misalnya penyajian makanan yang menarik, promosi yang menggiurkan, dan beberapa hal lainnya.?

        Berikut ini adalah beberapa strategi khusus yang harus Anda perhatikan sebelum membuka bisnis restoran menurut Carajadikaya.com.

        1. Pemasaran Kreatif Melalui Media Sosial atau Website

        Media sosial hanya digunakan sebagai alat promosi saja. Manfaatkan media sosial maupun website secara baik dengan menawarkan berbagai promo dan juga aneka menu berbeda setiap harinya. Dengan begitu, para pelanggan akan tertarik dan penasaran untuk berkunjung ke restoran Anda.

        2. Tidak Berdasarkan Asumsi

        Tidak dipungkiri jika tren makanan yang sedang muncul bisa jadi lahan bisnis yang menggiurkan. Namun, tentunya Anda?harus siap dengan berbagai persaingan dengan penjual lainnya. Apalagi, selera makan seseorang dan tren bisa berubah sewaktu-waktu. Apa yang disukai orang saat ini belum tentu disukai pada saat kemudian. Oleh karena itu, Anda?harus bisa melakukan inovasi lainnya.

        3. Ciptakan Menu yang Berbeda

        Selain tren, orang akan senang jika mencicipi makanan yang beda dari yang lainnya, atau menu yang Anda?sajikan tidak ada di restoran lain. Strategi ini sangat ampuh Anda?coba sebab Anda?tidak memiliki pesaing lainnya. Meskipun demikian, pastinya selera orang juga berbeda-beda sehingga Anda?harus bisa menyajikan berbagai jenis menu pilihan yang berbeda pula.

        4. Lokasi yang Mudah Dijangkau

        Lokasi yang mudah dijangkau terkadang juga akan mendatangkan pelanggan yang banyak. Misalnya, dekat dengan kampus, sekolah, gedung perkantoran, atau yang lainnya. Maka dari itu, sebelum membuka bisnis ini, tentukan lokasi yang benar-benar strategis dan dapat dijangkau oleh semua orang.

        5. Interior yang Menarik dan Berubah Sewaktu-Waktu

        Interior juga menjadi hal menarik yang menjadi pemikat para pelanggan. Banyak kita lihat, selain makan, orang juga senang berswafoto?atau foto di restoran tertentu. Menyediakan beberapa spot foto yang menarik bisa jadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa mengubah interior beberapa bulan sekali karena dengan begitu pelanggan akan berada di resto yang berbeda sehingga konsumen akan tertarik untuk kembali datang ke resto Anda.

        6. Jasa Delivery Order

        Sebagai produsen, Anda?juga harus jeli mempertimbangkan beberapa hal lainnya. Terkadang ada beberapa orang yang ingin makan di restoran Anda, tetapi?tidak memiliki teman sehingga keinginan tersebut hilang begitu saja. Anda bisa menghindari permasalahan tersebut dengan menawarkan jasa delivery?order. Tentunya, jasa ini hanya berlaku dalam kota saja.

        7. Kualitas Makanan

        Dari sekian banyak strategi Anda, cita rasa dan kualitas makanan juga tidak boleh dilewatkan. Tidak dipungkiri jika tujuan orang pergi ke restoran tidak hanya sekadar mengisi perut saja. Jika menu yang Anda?sajikan tidak enak, pelanggan pun enggan untuk kembali lagi.

        8. Harga

        Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, harga sebuah makanan sangat penting bagi mereka. Keterbatasan uang saku yang mereka miliki membuat mereka lebih memilih makanan yang murah dibanding yang mahal. Anda yang ingin membuka restoran juga harus memikirkan hal ini. Apalagi, jika resto yang Anda?bangun masih tergolong baru dan belum memiliki ciri khas sendiri. Jangan sekali-kali memberi harga yang tinggi. Berikan menu yang bervariasi dan harga yang bervariasi tentunya sesuai kualitas sehingga menu yang Anda?tawarkan dapat dijangkau oleh semua kalangan.

        9. Memiliki Koki yang Andal

        Cita rasa dari sebuah makanan tergantung dari koki yang memasak. Maka dari itu, koki adalah hal penting yang harus Anda?miliki ketika membangun bisnis restoran. Memiliki koki yang andal akan menghasilkan makanan yang lezat dan menarik pelanggan yang banyak. Selain itu, jangan mengganti koki sembarangan karena beda koki berbeda pula cita rasa yang dihasilkan. Pilihlah beberapa koki dan tentukan tugas masing-masing?sesuai dengan kemampuan memasak yang mereka miliki.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ning Rahayu
        Editor: Fauziah Nurul Hidayah

        Bagikan Artikel: