Lionel Messi masih menjadi pujaan para pencinta sepak bola di China, meskipun Argentina tersingkir dari babak delapan besar Piala Dunia 2018 di Rusia Setidaknya wajah kapten tim nasional Argentina itu masih sering menghiasi layar televisi warga China, bahkan lebih sering dibandingkan para pemain sepak bola lainnya.
Dalam jam-jam utama siaran niaga, beberapa televisi memunculkan wajah Messi di atas lapangan hijau.
"Saya tidak dilahirkan menjadi orang kuat. Saya berjuang agar bisa menjadi kuat," demikian suara latar mengiringi gambar wajah Messi dari dekat (close up).
Messi menjadi bintang iklan Mengniu, produsen susu yang berkantor pusat di Daerah Otonomi Mongolia Dalam.
Iklan tersebut tayang berulang kali saat menjelang, turun minum, dan sesudah setiap pertandingan Piala Dunia yang dimulai sejak pertengahan Juni 2018.
Sejumlah perusahaan China berinvestasi besar-besaran di Piala Dunia tersebut, tulis China Daily, Senin.
Para penonton televisi di daratan Tiongkok pun merasa bangga karena papan-papan iklan di pinggir lapangan tempat digelarnya pertandingan Piala Dunia penuh dengan aksara China (hanzi).
"Saya jadi merasa seperti menonton tim Guangzhou Evergrande Taobao bermain di Liga Super China (LCA)," kata Ma Chao, penggemar sepak bola China yang rela melakukan perjalanan ke Moskow demi Piala Dunia.
"Semua merek yang terpampang di lapangan sepak bola sudah sangat familiar. Di Moskow ada sekitar 60 ribu penggemar sepak bola dari China. Kami sekitar 100 ribu orang menumpang kereta api China-Eropa untuk bisa sampai sini. Semua memimpikan timnas China (bisa ikut Piala Dunia)," katanya.
Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah perusahaan asal China diperkirakan telah menghabiskan 835 juta dolar AS untuk belanja iklan dalam Piala Dunia yang dihelat di 11 kota di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: