Kebanyakan tim melakukan kesalahan saat berbisnis. Mereka terlalu berpatokan pada strategi yang mereka gantung sendiri. Kebanyakan tim hanya terpaku dan belum terlalu berani untuk mengembangkan hal-hal baru lagi.
Berikut hasil lansiran dari inc.com tentang cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari kesalahan strategi dalam berbisnis:
1. Jangan bersaing untuk menang, berkompetisi untuk menjadi unik
Banyak orang membingkai strategi bisnis mereka hanya untuk bersaing dengan perusahaan lain dan ingin memenangkan persaingan tersebut. Namun, sebenarnya prinsip tersebut salah. Pada kenyataannya, sebagian besar pasar memiliki banyak sisi. Masing-masing dari mereka ingin menang, dan melupakan bahwa yang unik adalah yang paling terlihat. Jadi, mulai sekarang ubah hal tersebut, berkompetisilah untuk menjadi unik agar terlihat dan tentu akan menang di pasaran.
2. Bukan tentang motivasi, melainkan tentang pilihan
Kesalahan umum lainnya adalah melihat strategi sebagai mengumpulkan tim untuk bekerja esktra dan berjam-jam. ?Mereka merangkai kutipan inspirasional untuk membangkitkan semangat orang-orang tentang masa depan?dengan kesuksesan. Padahal, strategi yang baik adalah strategi yang membuat segalanya menjadi mudah. Strategi yang baik menjelaskan siapa yang akan ditargetkan dengan produk / layanan apa.?Kejelasan ini membantu Anda membuat keputusan dan memungkinkan perusahaan menyederhanakan proses mereka untuk melakukan beberapa hal dengan sangat baik.
3. Pahami juga apa yang tidak Anda lakukan
Kebanyakan perusahaan bisnis saat ini membiarkan startegi mereka sedemikian rupa dan meluas. Produk yang tidak mereka tawarkan, perusahaan yang tidak mereka targetkan, dan lokasi yang tidak mereka layani juga perlu untuk dipahami, karena pada dasarnya strategi merupakan sebuah pilihan.
4. Strategi Bukan Hanya Perkara Uang
Sebuah strategi menentukan serangkaian pilihan dan serangkaian kebijakan tentang bagaimana Anda akan membuat keputusan dan apa yang akan Anda prioritaskan.?Berdasarkan desain, strategi adalah permainan jangka panjang berdasarkan analisis logis dari tren di pasar dan di mana peluang masa depan mungkin ada.
5. Strategi Tidak Berharga Jika Tidak Dikomunikasikan
Sering kali, perusahaan menghabiskan berminggu-minggu mengembangkan strategi yang canggih dan cerdas, tetapi kemudian mereka memasukkannya ke dalam map dan membiarkannya di rak.?Paling-paling, beberapa orang di tim kepemimpinan dapat mengingat konten bulan kemudian, tetapi sebagian besar perusahaan telah melupakan atau lupa akan pekerjaan tersebut.
Strategi harus mudah dimengerti dan mudah dikomunikasikan.?Faktanya adalah bahwa setiap orang di perusahaan perlu mengetahui strategi karena mereka yang mengimplementasikannya.
6. Strategi Itu Proses, Bukan Hanya Dokumen
Kekuatan dalam strategi adalah diskusi dan aplikasi bukan dokumen. Banyak perusahaan yang merancang strategi sehebat mungkin, namun setelah itu mereka menyimpannya di lemari dokumen dan menjalankan bisnis seperti biasanya. Strategi tidak mudah, tapi tidak dijadikan sulit juga. Triknya adalah menjadikannya proses dan rutinitas reguler di dalam diskusi kepemimpinan Anda.?Dan sementara strategi harus sederhana untuk dikomunikasikan secara efektif
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: