Pembisnis memang diharuskan memiliki kreativitas dan inovasi yang terus berkembang agar bisnisnya tidak ditinggal oleh pelanggan.
Fastcompany telah merangkum pembisnis-pembisnis hebat yang terus mengembangkan kreativitasnya. Ada 100 pembisnis yang masuk ke dalam daftar pembisnis paling kreatif di tahun 2018.
Dalam artikel kali ini, 3 pembisnis yang akan dibahas dengan kreativitasnya:
Fanz Von Holzhausen, Kepala Perancang, Tesla Motors, untuk me-redesign kembali mobil listrik tesla.
Ketika Franz von Holzhausen bergabung dengan Tesla pada tahun 2008, startup mobil listrik itu begitu tidak berpengalaman pada desain kendaraan sehingga harus mengalihdayakan sebagian besar pekerjaan di Roadster aslinya ke produsen mobil sport Lotus.
Saat ini, jajaran produknya yang berkembang mencerminkan minimalis-minamilas Von Holzhausen, veteran GM, Mazda, dan Volkswagen.
Untuk sedan Model 3, yang tiba pada tahun 2017 dengan harga mulai dari $35.000, perancang membantu mencari cara untuk menurunkan harga (hanya ada satu layar dasbor dan tidak ada pegangan pintu yang meluas) sementara masih mengirimkan tanda tangan produsen mobil tersebut, terlihat aerodinamis.?Untuk Roadster Tesla yang terbaru, yang dijadwalkan pada 2020 dan dibandrol $200.000.
Dengan ide cemerlangnya, Von Holzhausen membuang atap buram dari model 2008 untuk kaca yang ringan dan dapat dilepas yang juga dapat disimpan di bagasi.?The Roadster memberi kesempatan kepada perancang untuk membangun batang panas elektromagnetik yang tak kenal lelah.
Tesla tidak mampu menghasilkan inovasi tersebut satu dekade yang lalu, padahal penggemar sudah meneteskan air liur untuk itu.
"Kami ingin menunjukkan bahwa kendaraan listrik bisa lebih baik dari apa pun," katanya.?"tidak hanya lebih baik daripada mobil biasa, tapi lebih baik daripada supercar apa pun."
Motivasinya itu yang membuat ia terus berusaha sekuat tenaga untuk mengembangkan idenya.
Caryn Seidman Becker, Ketua dan CEO, Clear, untuk menghilangkan rasa sakit dari pemeriksaan keamanan
"Saya suka cerita turn around yang bagus," kata Caryn Seidman Becker, mantan manajer hedge fund yang membeli biometric-identity company yang berfokus pada bandara.
Terbebas dari kebangkrutan pada tahun 2010. Fokus Seidman Becker untuk menciptakan Clear yang bertujuan guna mempercepat para pelancong melalui jalur keamanan, terutama mengingat peluncuran program PreCheck TSA, tetapi Seidman Becker memiliki visi yang lebih besar untuk teknologi tersebut.
Clear yang menggunakan pemindaian iris, sidik jari, dan pengenalan wajah untuk memverifikasi identitas anggotanya meraih keuntungan sebesar $179/tahun.?Ia tidak hanya mendirikan Clear kembali agar berjaya dalam keamanan bandara dengan jalur khusus di 24 hub di seluruh negeri, tetapi melalui kemitraan baru dengan Delta Air Lines, Clear menggunakan verifikasi biometrik untuk mengotomatisasi semuanya mulai dari pemeriksaan bagasi hingga proses boarding.
Selain itu, Seidman Becker juga mengambil Clear ke arena olahraga: Sepuluh tempat, termasuk New York's Yankee Stadium dan Citi Field, Coors Field di Denver, dan AT & T Park San Francisco, menawarkan akses masuk yang dipercepat untuk anggota.
Perusahaan ini bahkan menguji jalur bir cepat yang ditegakkan konsesi, itu memanfaatkan biometrik untuk mengonfirmasi usia para penggemar dengan cepat. Bagi Seidman Becker, kenyamanan seperti ini hanyalah permulaan.
"Setiap vertikal; rumah sakit, real estate, gedung perkantoran, universitas, berpikir tentang bagaimana cara memastikan keamanan dan masih memiliki lingkungan terbuka," katanya.
Anthony Than, Pendiri dan CEO, Grab, untuk menavigasi diluar perjalanan
Pada tahun lalu, perusahaan yang menumpang di Asia Tenggara, Grab, mencapai 90 juta unduhan, mencapai 196 kota, menerima investasi $4 miliar, dan bahkan mengakuisisi bisnis Asia Tenggara Uber.
CEO Anthony Tan telah mendorong pertumbuhan ini dengan mengubah Grab dari aplikasi belaka menjadi platform untuk segala hal mulai dari berbagi sepeda hingga pengiriman makanan sampai kecanggihan yang paling baru yakni, pembayaran seluler.
Tan awalnya meluncurkan dompet seluler GrabPay pada tahun 2016 untuk memungkinkan transaksi antara pengendara dan pengemudi yang tidak memiliki rekening bank tradisional.?November lalu, ia mulai mengintegrasikan pedagang lain, memungkinkan 5 juta pengguna GrabPay untuk berbelanja di toko-toko yang berpartisipasi dan kios makanan.
Dengan berbagai macam penawaran canggih tersebut membuat usaha kecil Grab terus berkembang pesat di berbagai mancanegara.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: