- Home
- /
- New Economy
- /
- CSR
B Corp Ajak Pelaku Bisnis Indonesia Berikan Dampak Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan
Komunitas B Corp Indonesia menyelenggarakan Indonesia B Corp Forum dengan tema ?Gotong Royong 2018: Using Business as a Force for Good", Senin (3/9/2018) di Jakarta. Gerakan B Corporation (B Corp) diharapkan dapat menjadi sebuah langkah untuk mendorong bisnis agar senantiasa mengedepankan kesejahteraan manusia dan keberlangsungan planet bumi.
Corey Lien, B Corp Asian Community menegaskan bahwa dibutuhkan lebih banyak pelaku bisnis untuk bergabung dalam gerakan ini.
?Inilah saatnya kita membutuhkan lebih banyak perusahaan yang bersedia untuk mengubah cara berbisnis, tidak peduli perusahaan kecil atau multinasional. Dari yang semula fokus pada keuntungan finansial bagi pemegang saham menjadi lebih berorientasi pada kesejahteraan sosial dan kesehatan planet bumi," ujar Corey.
Menurutnya, berkembangnya komunitas B Corp bisa mendorong perubahan serta menciptakan koordinasi multi pihak baik di tingkat Indonesia maupun Asia, yang sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan nasional dan regional.
Meski telah mengalami penurunan jumlah penduduk miskin yang mencapai 9,82%, Indonesia dinilai masih rendah dalam hal kualitas lingkungan. Hal tersebut dikarenakan degradasi lahan dan polusi yang dihasilkan oleh sampah yang tidak terkelola. Akibatnya, lingkungan menjadi tercemar. Permasalahan ini menjadi perhatian dunia dan masuk dalam tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).
Untuk mencapai target dari SDGs, berbagai pihak harus memberikan kontribusinya, termasuk pelaku bisnis. Seluruh pelaku bisnis dituntut untuk berperilaku etis baik dalam menjalankan operasionalnya secara internal, maupun bagi lingkungan.
Meski istilah B Corp masih asing di Indonesia, namun semangat B Corp yang mengedepankan bisnis yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan adalah visi yang sudah dikenal di (social business). Diperkirakan saat ini terdapat sekitar 8,1 juta orang atau 3,2% dari populasi penduduk Indonesia yang terlibat dalam kewirausahaan sosial.
B Corp diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 2007 dan menjadi sebuah gerakan dunia bagi pelaku bisnis yang memiliki visi untuk menjadikan usahanya sebagai kekuatan dalam memberikan kebaikan bagi sosial, ekonomi dan lingkungan. B Corp adalah sertifikasi untuk pelaku bisnis yang diberikan oleh Lembaga Non Profit B Lab.
Sertifikasi diberikan kepada perusahaan yang selama proses audit mampu membuktikan bahwa bisnis prosesnya mulai dari rantai pasok, sistem operasional hingga produk/servis yang dilempar ke pasar-bisa memberikan dampak positif dan nilai tambah.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Kumairoh
Tag Terkait: